Jumat, 22 November 2019

Rakerda LPTQ Provinsi Riau 2019 Dibuka Gubernur Riau

TOPRIAU, PEKANBARU  - Gubernur Riau, Syamsuar, Kamis malam (22/08) membuka secara resmi kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an Provinsi Riau tahun 2019.

Ia berharap LPTQ Riau ini dapat menghasilkan program kerja yang mampu meningkatkan kualitas qori dan qoriah Riau di ajang provinsi, nasional, bahkan internasional.

Pembukaan ditandai dengan pengalungan tanda peserta secara simbolis oleh Gubernur yang diikuti 53 peserta Rakerda. Turut hadir dalam acara pembukaan Kakanwil Kemenag Riau Mahyuddin, Ketua LPTQ Riau yang juga Pj Sekda Riau Ahmad Syah Harrofie, Ketua Harian LPTQ Riau Any'ri Nur, Sekretaris LPTQ Riau, Ketua IPQOH Riau dan seluruh Ketua LPTQ seKabupaten/Kota di Riau.

Disampaikan oleh Gubernur Riau Syamsuar dalam pidato pembukaan, kegiatan diharapkan dapat 'meramu dan meracik' upaya dan kiat dalam menghasilkan pembinaan terhadap qori dan qoriah Riau yang digali dari diseluruh pelosok yang ada di seluruh Kabupaten/Kota. Sehingga berkualitas dan dapat berprestasi tidak hanya di tingkat Provinsi tapi juga diajang nasional bahkan internasional.

"Diharapkan juga jadi ajang evaluasi dan persiapan terhadap kegiatan MTQ baik tingkat provinsi Riau di Kampar akhir tahun 2019 ini dan Nasional yang akan dilaksanakan di Sumbar. Juga bisa ajang diskusi, sharing pengalaman, tukar menukar wawasan antara LPTQ Kabupaten/Kota dengan LPTQ provinsi Riau terhadap segala sesuatu hal mengenai perkembangan organisasi," harap orang nonor satu di Riau dengan gelar datuk Sri Setia Amanah ini.

Sementara itu Ketua LPTQ Riau dalam pidato pembukanya yang disampaikan Ketua Harian LPTQ Riau Asy'ari Nur mengatakan, Rakerda ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya dalam upaya melakukan evaluasi pelaksanaa MTQ yang dilakukan sebelumnya dan juga evaluasi terhadap cabang perlombaan yang akan dilombakan.

"Perlu kami laporkan pak Gubernur, tiga tahun terakhir MTQ nasional, Riau peroleh peringkat Enam yang berlangsung di Sumut. Dimana  sebelumnya Riau peringkat 10 nasional, itupun banyak yang bukan qori dari Riau yang diikutkan. Setelah dilakukan pembinaan, ternyata qori dari putra daerah Riau juga bisa berprestasi yang selama ini terhimpit oleh qori yang diambil dari luar," sebutnya sembari mengatakan dengan mendatangkan pelatih-pelatih terbaik putra daerah juga bisa.

Ketua Pelaksana Rakerda LPTQ Riau tahun 2019, Zamri saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan Rakerda akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 Agustus 2019. Adapun yang menjadi agenda pokok kegiatan diantaranya adalah penetapan cabang baru yaitu hadis pada pelaksanaan MTQ 2019 Riau di Kampar nanti. Memberikan pelatihan pada dewan Hakim yang ada, penetapan tuan rumah untuk MTQ Riau tahun 2020.

"Terpenting juga dalam kegiatan ini adalah melakukan evaluasi kegiatan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau tahun lalu yang dilaksanakan di Kota Pekanbaru. Sehingga pelaksanaan tahun ini di Kampar akan lebih baik dan sukses. Terlebih akan menghasilkan qori dan qoriah yang lebih berkualitas dalam menghadapi MTQ tingkat nasional bahkan internasional," sebutnya. (Adv Pemprov Riau)