Sabtu, 11 Juli 2020

Pariwisata Bono Kembali Antarkan Harris Terima Penghargaan

TOPRIAU, PANGKALAN KERINCI - Bono adalah salah satu wisata andalan daerah Pelalawan bahkan dengan ke populeran Bono ini dapat menghantarkan Bupati Pelalawan HM HARRIS untuk mengambil penghargaan dari API di Studio 3 Metro TV , beberapa bulan lalu  di akarta pusat.

Gelombang Bono adalah sebuah Gelombang yang tingginya melabihi dari beberapa gelombang yang terjadi dibelahan dunia sehingga Bono ini cukup banyak diminati para peselancar karena selain tinggi juga alunan gelombang berbeda juga sehingga para peselancar rebutan untuk nguji keahliannya dalam berolahraga selancar air ini, dengan kelebihan yang dimiliki oleh sungai Kampar ini sehingga Wisata Bono menjadi objek wisata terpopuler dan terunggul  dari sekian banyak objek wisata selancar yang ada di Indonesia.

Terpilihnya Bono sebagai peringkat pertama dalam objek wisata selancar adalah hasil dari pemilihan dan pernyataan para tourist dan peselancar yang menghadiri kegiatan festival Bono yang mana 51,1%  mereka yang datang menyatakan bahwa Gelombang Bono adalah salah satu wisata berselancar yang bagus dan sangat cocok bagi para peselancar dalam menghadapi tantangan mengharungi gelombang.

Atas dasar ini pada tahun 2017 dalam acara Ajang Anugerah Pesona Indonesia 17 Sekretaris Kementrian Pariwisata Ukus Kuswara mengajukan kepada Bupati Pelalawan untuk di umumkan bahwa Gelombang Bono menjadi kategori 1 tempat berselancar  dan terpopuler .

Bupati Pelalawan H M Harris usai menerima penghargaan menjelaskan bahwa penghargaan yang kita terima saat ini adalah sebagai apresiasi pemerintah pusat terhadap kita yang telah bekerja keras dalam mengembangkan Gelombang Bono selama ini sehingga dapat membawa Provinsi Riau ini menjadi juara umum dalam pengembangan wisata ,dalam pada itu Harris menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepada masyarakat dan segenap pihak terkait yang telah memberikan dukungan serta partisipasi dalam menghantarkan Bono sebagai Nominasi Populer dengan meraih peringkat pertama tempat berselancar populer yang kita terima pada  malam Anugerah Pesona Indonesia tahun 2017.

Lebh jauh Harris menyampaikan bahwa wisata Bono termasuk dalam 7 program strategis pemerintah daerah dalam meningkatkan eknonomi masyarakat selain itu juga dengan dijadikannya wisata bono sebagai Destenasi Wisata Nasional sekaligus kita telah mendukung program pemerintah pusat dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045 dan Nawacita President Jokowi percepatan laju pertumbuhan ekonomi melalui bidang Pariwisata sebagai penghasil devisa gebesar.

Dalam rangka meningkatan ekonomi di Pelalawan  melalaui pariwisata Haris dan Zardewan melakukan beberapa terobosan diantaranya dengan mengusung Label Pelalawan Eksotis diantaranya dengan pengembangan Wisata Bono di Teluk Meranti dan Danau Kajuik di Kecamatan  Langgam, untuk Wisata Bono sendiri yang berada di Teluk Meranti itu telah menjadi wisata unggulan yang ada di Kabupaten Pelalawan,ini adalah merupakan tindak lanjut dari peluncuran  Riau menyapa dunia ,yang ditaja oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau .

Dari empat  tujuan  wisata yang akan di promosikan secara intens oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau Bono adalah salah satu yang menjadi Destinasi Wisata yang di unggulkan oleh  Pemprov.

Dalam  Program Eksotis Pelalawan ada dua hal yang menentukan :a. Pembangunan objek wisata yang layak dan menarek sekaligus meningkatkan  jumlah wisatawan domestik maupun manca negara yang datang ke Pelalawan. b). Pemerintah Kabupaten Pelalawan memastikan kelanjutan pengembangan objek wisata  di Kabupaten Pelalawan  tahun 2016  di samping Wisata Gelombang Bono  yang sudah bertaraf International ,Pelalawan punya tujuan lain yang tidak kalah menarik.
Dalam mewujudkan pelalawan eksotis yang bermuara pada Pelalawan emas selain mengembangkan Wisata Bono juga ada program pendukung  seperti Program Pelalawan terang dan Pelalawan Lancar.

Sebagai mana kita ketahui ,banyak daerah yang punya objek wisata mempesona,memiliki nilai asri dan eksotis tapi tidak mampu menggugah wisatawan ,kenapa ,ini semua adalah tidak adanya dukungan dari progam lain baik itu untuk transportasi maupun fasilitas lainnya ,nah dalam hal ini kita dari pemerintah kabupaten Pelalawan untuk mendukung nya melakukan terobosan dengan melaksanakan 7 Program andalan  Pemkab Pelalawan diantaranya Pembangunan Kawasan Tekhnopolitan  Pelalawan yang di pusatkan di Kecamatan Langgam sebagai sumber Penerangan, dengan keberadaan kawasan ini selain mengalirķan listrik yang dinikmati masyarakat siang malam juga dapat menerapkan teknologi Pelalawan  yang eksotis dan Pelalawan Emas tahun 2021.

Andi Yuliandri dalam ulasannya menjelaskan bahwa berdasarkan data dan fakta yang kita lihat di lapangan kunjungan wisata yang paling favorit bagi turis manca negara adalaha  Gelombang Bono , karena menurut mereka Gelombang Bono yang titik pusatnya diTeluk Meranti adalah sebuah gelombang yang dahsyat dan berbeda dengan gelombang yang ada di negara lain di dunia ini ,.

Lebih jauh Andy menyampaikan bahwa wisatawan manca negara yang paling senang dengan Gelombang Bono ini adalah  dari Jepang, Malaisia, Rusia, Amerika, Singapura, dan Prancis, kebanyakan mereka yang berkunjung adalah mereka yang hobinya berselancar karena mereka menganggap bahwa Gelombang Bono adalah gelombang untuk uji ketangkasan bermain di gelombang tuturnya .

Lebib jauh Ady memaparkan bahwa untuk menunjang  program ini kita Pemerintah Pelalawan terus melakukan pembenahan baik dibidang infrstruktur,bahkan Bupati Pelalawan bersama Bappenas sudah menyetujui pembangunan Jalan Lintas Bono ,Menyediakan Genset  serta lampu  yang menggunakan tenaga Matahari(PLTS) untuk menuju dan lokasi Wisata Bono.

Dalam pada itu menurut Andy dengan keberadaan Wisata Bono kita berharap disamping meningkatkn PAD juga dapat meningkatkan Ekonomi Masyarakat,dalam meningkatkan potensi wisata di Pelalawan ini kita berusaha bagaimana agar alokasi dana  dari pemerintah pusat bisa diarahkan ke tempat kita sehingga para turis manca negara lebih banyak mendatanginya.

Dalam pada itu menurut Andy dengan terpilihnya Gelombang Bono sebagai lokasi peselancar terpopuler,dapat menambah semangat kita untuk meningkatkan  pembangunan fasilitas yang bisa menunjang program kita ini dan juga kita tetap berupaya bagaiamana pote si Wisata Bono ini dapat kita tingkatkan tandasnya. ( ISHAR.D/ADV)