Rabu, 20 September 2017

Pemko Pekanbaru Resmikan Pemakaian Mushallah SMPN 26 Pekanbaru


Pekanbaru, TOPRIAU - Mushalla Baiturrahmah di komplek SMPN 26 Pekanbaru yang berada di jalan Kenanga Kelurahan Sail Tenayan Raya, akhirnya diresmikan pemakaiannya.

Mushallah ini, diresmikan oleh Kadisdik Pekanbaru, Prof Zulfadil mewakili Walikota Pekanbaru, Firdaus, ST, MT. Usai peresmian Kadisdik juga melakukan peninjauan tanaman yang hijau dan asri di sekitar komplek sekolah. Dalam sambutannya, Firdaus MT diwakili Zulfadil menyampaikan rasa kegembiraannya atas di diresmikannya mushalla Baiturrahmah karena mushalla ini dibangun atas swadaya guru dan masyarakat sekolah. "Tentunya ke depan kita berharap bisa digunakan sebaik-baiknya untuk ilmu pengetahuan tentang keagamaan karena belajar ilmu agama tidak cukup dengan di sekolah saja namun juga di tempat ibadah seperti mushala ini," kata Zulfadil.

Selain itu, Disampaikannya karena di sekolah ini tidak hanya ada siswa yang beragama Islam untuk itu ia mengingatkan kepada sekolah agar juga memperhatikan siswa non muslim. Karena jika ingin wujudkan masyarakat madani pendidikan merupakan tulang punggungnya dalam penegakan masyarakat yang madani sesuai visi Kota Pekanbaru.

Dikatakannya, Mushala ini adalah tempat para siswa/i untuk berdiskusi sesama tentang kegiatan keagaman untuk mendapatkan konsep-konsep pendidikan yang brilian untuk dituangkan saat menggali ilmu di sekolah.

Firdaus mengingatkan, Mushala yang dibangun dengan megah ini diharapkan dapat terus digunakan sebagaimana mestinya. "Sehingga tidak hanya ramai pada saat Salat lima waktu saja, tapi juga selalu ramai setiap hari untuk kegiatan sekolah bidang agama ," jelasnya.

Kepala SMPN 26 Pekanbaru Hj Asmarita Nasir dalam sambutannya menyampaikan sukurnya atas telah diresmikan Mushalla Baituirahmah yang dibangun melalui dana masyarakat sekolah. "Kalau mengharapkan bantuan dari Pemerintah Kota entah sampai kapan selesai, untuk itu Saya bersama guru berinisiatif untuk melakukan pembangunan melalui sumbangan swadaya dengan sumbangan masyarakat sekolah," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Pekanbaru Edwar S Umar yang turut hadir mengatakan tidak semua sekolah sanggup membangun mushalla di sekolah. Namun hal itu bisa diwujudkan oleh Hj Asmarita Nasir yang pernah menjadi guru agama berprestasi Kota Pekanbaru.

"Kami menyarankan Mushalla Baiturrahmah ini diusulkan bisa menjadi masjid lingkungan sekolah dan difungsikan untuk pelaksanaan salat Jumat bagi siswa laki-laki dan para guru. Tentunya kita berharap kedepan semoga Mushalla ini benar-benar berfungsi penegak moral, benteng dan disemarakkan berbagai aktifitas dan keagamaan, " tuturnya.

Dalam persemian acara ini, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Profesor Zulfadil, Kemenag Pekanbaru Edwar S Umar, Camat Tenayan Raya, Abdurahman, serta Lurah se Tenayan Raya Komite Sekolah, Kepala Sekolah di lingkungan UPTD Tenayan Raya.TR