Selasa, 21 Agustus 2018

APEKSI Walikota se-Sumatera, Program Smart City Madani Jadi Inspirasi

TOPRIAU,PEKANBARU - Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi) resmi dibuka oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Apeksi yang diwakili Wakil Ketua DPP Apeksi, Tengku Zulmi Eldin, di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Kamis (1/2/2018)

 

Pelaksanaan Muskomwil I Apeksi yang berlangsung 1-3 Februari 2018 di Kota Pekanbaru, berjalan dengan lancar. Seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan bersama 24 Walikota se-Sumatera, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau hadir dalam perhelatan akbar dan dapat terselenggara dengan baik dan berakhir dengan sukses.

 

Walikota Pekanbaru Dr.H.Firdaus,ST.MT sangat bersyukur atas suksesnya seluruh kegiatan Apeksi di Kota Pekanbaru. Sembari memberi apresiasi, Walikota berterima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat, baik dari sejumlah OPD maupun pihak lainnya yang sudah bertungkuslumus menyiapkan segalanya demi suksesnya keberlangsungan kegiatan Apeksi 2018.

 

"Alhamdulillah, pelaksanaan Apeksi 3 hari di Kota kita berakhir dengan sukses. Saya sebagai Kepala Daerah mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan acara ini," kata Walikota Pekanbaru Firdaus.

 

Pelaksanaan Apeksi yang dihadiri 24 Walikota se-Sumatera ini, diharapkan memberi semangat dan motivasi baru bagi Kepala Daerah lainnya, untuk melaksanakan program pembangunan dan kemajuan daerah, serta jalannya

roda pemerintahan yang baik dan berintegritas. Tanpa terkecuali seperti yang dipaparkan Pemerintah Kota Pekanbaru saat pembukaan Apeksi, yaitu tentang seluk beluk Kota Pekanbaru membangun dan mewujudkan perkembangan sebuah kota, menuju kota pintar atau yang diberi nama 'Pekanbaru Smart City Madani'

 

"Mewujudkan Smart City dalam sebuah perkembangan kota, diperlukan keseriusan untuk membangun masyarakat yang cerdas dan pemerintahan yang cerdas. Kepala Daerahnya juga harus mampu berfikir jauh dan memandang dengan kacamata visioner, sehingga bermanfaat untuk seratus tahun kedepan," ungkap Firdaus dalam sambutan.

 

Sementara itu, Wakil Ketua DPP Apeksi Tengku Zulmi Eldin, padara Muskomwil I Apeksi mengucapkan, selamat kepada peserta yang hadir untuk mengikuti Muskomwil I Apeksi. Ia berharap melalui acara ini mampu memunculkan sejumlah ide dan gagasan yang membangun, serta dapat menjadi inspirasi yang nantinya dapat dibawa pulang oleh peserta Apeksi ke daerahnya masing-masing.

 

"Dengan mengucapkan Bismillah, saya membuka resmi acara Muskomwil I Apeksi yang berlangsung di Kota Pekanbaru ini. Semoga ini dapat bermanfaat bagi peserta Apeksi selain mempererat silaturahmi sesama anggota," ujar Zulmi.

 

Kegiatan Muskomwil I Apeksi digelar serangkaian kegiatan, mulai dari penanaman pohon, sidang pleno, sidang komisi, pameran kerajinan khas unggulan Kota Pekanbaru, pelatihan singkat pembuatan kerajinan tangan khas Kota Pekanbaru hingga city tour.

 

Pada hari penutupan akan dilaksanakan sejumlah kegiatan yang lebih menarik lagi. Diantaranya pawai budaya dan pembukaan City Expo yang digelar di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

 

Muskomwil I Apeksi ini juga melaksanakan Laporan Pertanggung Jawaban dari Pengurus Apeksi wilayah regional I periode 2015-2018, yang dibacakan langsung oleh Ketua Apeksi Regional I, Mahyeldi Ansharullah yang juga merupakan Walikota Padang.

 

Pada kesempatan Muskomwil I Apeksi ini Walikota Pekanbaru juga sempat memaparkan visi misinya khususnya terkait konsep Pekanbaru Smart City Madani. Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Profesor Zudan Arif Fachrullah.

 

Pada waktu bersamaan Walikota Padang Drs Mahyeldi Ansharullah, yang juga mengagumi kepemimpinan Dr.H.Firdaus,ST.MT dalam membangun sebuah kota. Ia menilai apa yang dilakukan Walikota Pekanbaru mengenai pemindahan pusat pemerintahan tersebut, sangatlah terlalu berani.

 

"Saya kagum dengan Bapak Walikota Pekanbaru Firdaus. Beliau adalah sosok visioner yang saya nilai sangat berani. Rencananya untuk memindahkan pusat pemerintahan dalam sebuah kawasan baru, tentu memiliki resiko yang tinggi," ujar Mahyeldi.

 

Ketua Apeksi Wilayah I periode 2015-2018 itupun memuji tentang program Smart City Madani lainnya yang menjadi visi dan misi Pemerintah Kota Pekanbaru. Seperti pengadaan kartu Smart madani, Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMBRW), Masjid Paripurna dan banyak program pintar lainnya, yang menurutnya patut dicontoh dan diterapkan pada daerah lain, terutama kepada peserta Apeksi Muskomwil I se Sumatera.

 

"Berdasarkan pemaparan yang disampaikan Bapak Walikota Pekanbaru tentang program Smart City di acara pembukaan, adalah suatu hal yang menginspirasi. Beliau sangat bertekad membangun pemerintahan yang cerdas, menjadikan masyarakat cerdas, untuk mencapai Pekanbaru Smart City yang saya lihat sudah didepan mata," cetus Mahyeldi. (Advoterial)