Jumat, 16 November 2018

6 Pariwisata Berpotensi di Kecamatan 13 Koto Kampar, Kabupaten Kampar

TOPRIAU, KAMPAR -  Semakin hari semakin terlihat potensi-potensi pariwisata Kabupaten Kampar. Hingga kini, kabupaten tertua di wilayah Provinsi Riau ini memiliki enam tempat wisata di zona Kecamatan XIII Koto Kampar.

Ulu Kasok, Puncak Kompe, Puncak Tua, Puncak Kelok Indah, Cubodak Hil dan Tepian Mahligai ditonjolkan untuk kedatangan para pengunjung, baik wisatawan lokal maupun yang berasal dari daerah kabupaten-kota lain. bahkan dari provinsi lain juga banyak mengunjungi objek wisata yang saat ini lagi digandrungi.

Tidak salah lagi, bagi mereka yang ingin melihat pemandangan indah, dengan udara yang sehat dan bagus untuk kesehatan, di sinilah tempatnya. 

"Kalau dulu saya datang itu masih terbatas, sekarang makin hari makin indah dan banyak saja yang bisa kita kunjungi di Kampar," ucap salah seorang pengunjung, warga Rokan Hulu Qhoinul Mustakim.

Bahkan, tidak hanya itu saja, pariwisata ini juga memberi efek positif terhadap masyarakat setempat, selain keindahannya membuat pengunjung tertarik, ia juga menjadi sumber penghasilan. 

Kalau dilihat sejauh ini, wisata di sini banyak menopang ekonomi masyarakat yang ada di sekitar objek wisata. Warga di sini mengalih fungsikan pendapatan kesehariannya di objek wisata ini, dengan beragam mata pencaharian.

"Berjualan, parkir, fotograper, ojek, serta menjaga stand karcis, ini yang sangat diminati masyarakat untuk mencari nafkah," ungkap salah seorang warga Pulau Gadang, Risky Dermawan kepada Topriau.com.

Bupati Kampar,  Azis Zainal beberapa waktu lalu mengatakan, ia ingin pariwisata yang ada di daerah agar diperhatikan oleh OPD terkait. Kita tarik pengunjung dari daerah lain datang ke Kampar, ungkapnya di depan pemerintah kabupaten-kota lain saat memberi kata sambutan di Porprov di Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang.

"Ayo ke Kampar, kami punya banyak pariwisata di sini," sebutnya.

Selain itu, diharapkan juga kepada masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan di sekitar objek wisata, baik masyarakat tempatan maupun dari daerah lain. (ADV/Diskominfo).