Sabtu, 17 November 2018

4 Objek Wisata yang Bisa Dongkrak PAD Pelalawan

TOPRIAU, PANGKALAN KERINCI - Empat objek  wisata di Kabupaten  Pelalawan sangat digandrungi oleh para wisatawan, bahkan sangat berpotensi sebagai pendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kempat objek wisata tersebut masing masing:

1. Festival Bakudo Bono, berlokasi  di Wilayah Pesisir Kabupaten Pelalawan yang terletak di Kecamatan Kuala Kampar dan Teluk Meranti.Bono adalah ombak atau gelombang yang terjadi di Muara Sungai Kampar Kabupaten Pelalawan. Peristiwa Bono adalah merupakan suatu fenomena alam akibat pertemuan arus laut dengan sungai yang biasanya menimbulkan pasang namun sangkin derasnya pertemuan arus ini sehingga menimbulkan gelombang besar bahkan mencapai ketinggian 5 atau 10 meter dari permukaan air.

Kalau dahulunya Bono ini sangat ditakuti oleh masyarakat namun setelah adanya program dari pemerintah untuk  menjadikan. ajang wisata ,hal ini berubah menjadi sesuatu yang ditunggu tunggu oleh masyarakat , karena kedatangan Bono ini dimanfaatkan oleh masyarakat para generasi muda untuk berselancar bahkan saat ini sudah jadi Iven besar bagi para peselancar Dunia , karena golombang Bono Kampar jauh beda dengan gelombang daerah lain.

2. Danau Kajuid, Objek wisata ini adalah salah satu wisata yang belum lama muncul tapi kehadirannya sudah cukup banyak menjadi perhatian bagi masyarakat baik dari dalam dan luar daerah. Danau Kajuid yang terletak di Kecamatan Langgam memiliki keindahan tersendiri yang mana di lokasi ini para pengunjung disuguhi dengan aneka ragam permainan seperti Flying Fox, Flying Fish dan Banana Boat dan lain sebagainya,Untuk Danau Kajuid pengelolaan itu diserahkan kepadapihakswasta namun tetap dalam pengawasan Pemda Pelalawandi bawah Disbudparpora..

3. Kute adalah salah satu wisata yang terletak tak berapa jauh dari ibukota Kabupaten Pelalawan tepatnya di KualaTerusan , tempat-wisata Kute adalah Wisata Sungai dengan andalan adalah berekreasi di sungai dengan menggunakan pompong sambil makan bersama dan juga didekat lokasi ini sering dilaksanakan tempat mancing ikan Patin dan ikan sungai lainnya.

4.Taman Nasional Tesso Nilo adalah sebuah taman yang disuguhi Flora Tropikal dan Fauna  yang beranekaragam, TN TN yang terletak di Desa LubukKembang Bunga ini sangat penuh dengan tumbuhan serta hewan yang masih liar namun pihak pengelola TN TN juga menyediakan Gajah untuk berkeliling di lokasi tersebut.( Adv Pelalawan)