Kamis, 24 Januari 2019

Dana Desa Harus Dikelola dengan Benar oleh Perangkat Desa

TOPRIAU - Bupati Rokan Hilir (Rohil) , H Suyatno membuka secara resmi sosialisasi, workshop dan konsultasi bendahara desa dan BUMDes se-kabupaten Rohil di kota Bagansiapiapi. Dalam sambutannya Suyatno mengatakan kegiatan ini suatu langkah bagus untuk perangkat desa se-Rohil, agar perangkat desa tidak terjerat dalam masalah hukum. Terutama dalam pengelolaan keuangan kepenghuluan.

“ Saya ingatkan kepada Bendahara Desa dan BUMDes agar ekstra hati-hati mengelola keuangan Desa. Sebelum terjerumus ikuti kegiatan ini karena dapat membantu dalam tata kelola keuangan dengan baik," kata Suyatno saat membuka kegiatan sosialisasi, workshop dan konsultasi Bendahara Desa serta Badan Usaha Milik desa (BUMDes) se Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Senin (3/12/2018) di Hotel Rasa Sayang, Bagansiapiapi.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada PT Elang Tunggal Perkasa yang telah menyelenggarakan sosialisasi dan melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah serta merasa peduli terhadap daerah. Karena menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan merupakan suatu langkah yang sangat bagus untuk perangkat desa se Kabupaten Rohil.

Kegiatan sosialisasi akan dilaksnakan selama 3 hari ke depan dengan lokasi yang berbeda. Untuk hari Selasa (4/12/2018) akan dilaksanakan di Ujung Tanjung dan berahir pada 5 Desember 2018 di Bagan Batu.

"Ke semua rangkaian yang kita lakukan ini semata-mata untuk memberikan pemahaman kepada bendahara yang ada di desa, supaya mereka betul-betul mengikuti aturan yang berlaku, jangan sempat nanti mereka terbawa dengan masalah hukum," sebutnya.

Sementara itu, Direktur PT Elang Tunggal Perkasa DR Sudarno melalui M Nizar Akas menyebutkan, pihaknya merasa terpanggil untuk ikut berperan aktif dalam mendorong terciptanya pemerintah kepenghuluan yang baik dalam sistem pengelolaan keuangan daerah. Serta memperbaiki mekanisme pelaksanaan dan administrasi pajak yang baik dan akuntabel.

"Kami rasa hal ini sangat diperlukan, sehingga hal tersebut dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi para pelaku administrasi dan keuangan, termasuk juga masalah perpajakan di kepenghuluan," pungkasnya.

Acara tampak dihadiri Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Kepala KPP Pratama Dumai Maryaldi, Sekda Rohil Surya Arfan, Kasi Pidsus Kejari Rohil Mohtar Arifin, Direktur PT Elang Tunggal Perkasa Dr Sudarno, Seluruh Bendahara Desa Se Rohil, serta unsur lainnya. (ADV)