Kamis, 24 Januari 2019

Akhirnya. Lima Bumdes di Rohil Dapat Bantuan

TOPRIAU - Dalam rangka meningkatkan kemandirian dan memanfaatkan potensi yang ada di desa yang akan berimplikasi pada pemerintah setempat, pemerintah pusat dan juga daerah terus berupaya melakukan berbagai program dan terobosan. Salah satunya dengan melalui adanya Badan Usaha Masyarakat Desa (Bumdes).


Hal ini juga yang saat ini sedang digenjot oleh Pemkab Rohil, yang mana beberapa waktu sebelumnya Sekda Rohil, Surya Arfan menargetkan bahwa pada tahun ini seluruh desa di Kabupaten Rohil memiliki Bumdes di masing - masing wilayahnya.

"Iya kita ingin seluruh desa memiliki Bumdes tahun ini," ujarnya.

Oleh karena itu, Pemkab Rohil melalui Dinas PMD terus melakukan sosialisasi dalam mewujudkan terciptanya kemandirian desa melalui adanya Bumdes tersebut. Sementara itu, berdasarkan data terakhir pada bulan Juli 2017 jumlah Bumdes yang tercatat di Dinas PMD Rohil, berjumlah sebanyak 23 Bumdes yang masih dalam tahap pembangunan awal.

Terkait upaya untuk meningkatkan dan memajukan produkBUMDes yang lebih menarik, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bersama Wakil Bupati Rohil, DrsDjamilludinberhaail menarik bantuan untuk lima badan usaha milik desa (BUMDes) terkait program dan alokasi dana dari pemerintah pusat untuk mengembangkan usaha yang ada di desa.

Kepala Dinas PMD Rohil H Jasrianto mengatakan “ lima BUMDes yang telah disalurkan itu masing-masing mendapatkan suntikan dan Rp 50 juta. Dan kita harapkan BUMDes semakin maju dan pendapatannya semakin bertambah. Semoga tahun depan kita bisa dapat lebih besar “.

Jasrianto berharap seliruhkepenghuluan berlomba-lomba memajukan BUMDes dengan inovasi yang lebih kreatif, sehingga pemerintah daerah bisa menjolok bantuan dari pusat. (ADV)