Gelar HUT Damkar ke 100 yang Dihadiri Mendagri di Kota Pekanbaru

TOPRIAU,PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo, memimpin apel Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran (HUT Damkar) ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai.

Dipimpin Mendagri, peringatan HUT tahun ini di Kota Pekanbaru juga dihadiri Pejabat Esselon Kemendagri, Gubernur Riau, Syamsuar, Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, Walikota Pekanbaru, Firdaus, Forkompinda, Kepala Daerah di Riau dan Kepala Daerah dan pejabat se Indonesia.

Mendagri Tjahjo Kumolo menekankan kepada Damkar, Satpol PP dan Satlinmas agar terus memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

“Damkar, Satpol PP dan Satlinmas bisa terjun ke lapangan semaksimal mungkin memberikan pelayanan,” katanya. Rabu (6/3/2019).

Kemudian dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu), Mendagri mengharapkan Damkar, Satpol PP dan Linmas dapat melekat terhadap Polda dan Polres setempat.

“Ini untuk meningkatkan koordinasinya untuk menjaga tempat-tempat TPS, dan tempat yang vital seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Saya kira itu intinya, agar ke depan pelayanan kepada masyarakat tidak hanya semata-mata perizinan saja dan aspek-aspek regulasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Tjahjo Kumolo juga berharap agar momen peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas, bukan hanya untuk sekedar mengenang masa lalu. Akan tetapi semangat juang.

“Untuk itu dalam kesempatan ini saya juga mengajak kepada seluruh anak bangsa untuk meningkatkan gotong royong dan terus menjunjung tinggi ideologi bangsa Indonesia,” cakapnya.

Di akhir acara, Mendagri Tjahjo Kumolo sempat memberikan penghargaan kepada Gubernur Riau, Kapolda Riau, Walikota dan Kepala Damkar Kota Pekanbaru.


Disemarakkan Berbagai Atraksi

Peringatan HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Rabu (6/3/2019) juga disemarakkan dengan berbagai atraksi salah satunya atraksi bela diri, yong modo, jiujitsu, kempo, tinju dan marching band oleh para personel penegak peraturan daerah.

Tak hanya itu, atraksi yang paling memukau yang ditampilkan personel Satpol PP yakni memecahkan material seperti genteng, batako hingga membengkokkan kawat besi dengan leher dan mematahkan kawat baja menggunakan jari kelingking.

Berbagai atraksi personel Satpol PP Pekanbaru mendapat apresiasi salah satunya dari Kepala Satpol PP Kabupaten Mamuju Adnan Rasyid. Dia menyatakan kegiatan tingkat nasional ini cukup meriah.

“Sangat meriah peringatan HUT kali ini. Semoga korps Satpol PP, Damkar dan Satlinmas makin jaya,” katanya.


HUT Damkar Tingkatkan Perekonomian

Di sisi lain, Walikota Pekanbaru, Firdaus bangga dengan agenda HUT Damkar se Indonesia yang digelar di Kota Pekanbaru. “Selain bangga, saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada tamu-tamu yang telah datang ke Kota Pekanbaru dalam event nasional ini,” katanya.

Masih kata Firdaus, agenda HUT Damkar yang diselenggarakan di Pekanbaru lebih kurang tiga hari dan dihadiri ribuan tamu tentunya memberikan efek yang sangat positif bagi perekonomian di Kota Pekanbaru.

“Dengan agenda nasional yang digelar di Pekanbaru tentunya perputaran uang dan ekonomi di Pekanbaru akan meningkat. Selain tentunya memberikan keuntungan bagi pihak perhotelan, jasa angkutan umum dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” katanya lagi. (ADVERTORIAL)