Minggu, 19 November 2017

Bupati Rohil Resmikan Pencanangan PIN Polio di Puskesmas Bagan Punak

TOPRIAU, BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp membuka secara resmi pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) agar Rohil bebas dari penyakit Polio 2020 mendatang.‎

Peresmian ini ditandai dengan pelepasan balon PIN Polio oleh istri Wan Mardiana dan penetesan vaksin Polio, yang dilakukan Bupati Suyatno kepada  anak bayi dari perwakilan masyarakat Kecamatan Bangko, Selasa (8/3) kemarin di Puskesmas Kepenghuluan Bagan Punak.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rohil Dr M Junaidi Saleh, Dandim 0321 Rohil B Sukisworo, Plt Sekda Rohil Surya Arfan, Wakapolsek Bangko Dodi, Ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan serta ratusan ibu-ibu yang membawa anak balitanya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinkes Rohil Junaidi Saleh mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat agar Indonesia khususnya Rohil bebas Polio 2020 mendatang.

"Imunisasi merupakan upaya pencegahan efektif terhadap penyakit Polio, banyak kecacatan dan kematian pada anak dapat dicegah dengan polio," terangnya.

Untuk di Rohil sendiri lanjut dia, Dinkes Rohil telah menyiapkan sebanyak 565 pos PIN dan 4200 vaksin untuk diteteskan kepada 67.463 balita. Diharapkan, kepada seluruh orang tua agar datang membawa anaknya ke pos PIN terdekat didaerahnya.

"Keberhasilan ini adalah tanggung jawab bersama agar tercipta generasi bangsa yang cerdas dan profuktif dan dapat menekan angka kematian dan kecacatan pada anak, sehingga 2020 Indonesia bebas Polio dapat terealisasi," pungkasnya.

Sementara itu Bupati Rohil menjelaskan, Pencanangan PIN Polio 2016 ini serentak dilaksanakan seluruh Indonesia. Untuk di Rohil, dipusatkan di Puskesmas Bagan Punak Bagansiapiapi.

"PIN ini serentak dilakukan, tujuannya bagaimana anak kita kedepan bisa tumbuh berkembang secara sehat. Pemberian cairan ini supaya ada kekebalan tubuh pada anak. Mudahan masyarakat Rohil bisa bebas dari polio," tandasnya. TR