Jumat, 24 November 2017

7 Benda Bersejarah di Museum Sang Nila Pekanbaru Hilang Misterius

TOPRIAU, PEKANBARU - Tujuh benda bersejarah yang berada di Museum Sang Nila Utama Pekanbaru, Provinsi Riau. tidak diketahui keberadaanya, hilangnya benda benda berharga ini, diduga dicuri oleh sindikat pengincar benda-benda antik. Lucunya tidak ada kerusakan di sekitar tempat hilangnya benda tersebut.

Benda bersejarah berisi tujuh koleksi barang antik yang berada di bawah instansi Dinas Taman Budaya Provinsi Riau tersebut mendadak hilang secara misterius pada 13 Maret 2017 pekan lalu.

Tujuh benda benda bersejarah yang hilang tersebut terdiri dari tiga Keris Melayu, satu pedang Melayu Sondang, satu piring Seladon Emas, satu Kendi VOC dan satu Kendi Janggut.

Hilangnya ketujuh benda koleksi di museum  yang berada di Jalan Jenderal Sudirman itu sendiri diketahui pertama kali oleh pegawai pengelolaan dan pengembangan museum Sang Nila Utama saat melakukan pengecekan di gudang museum. Hasilnya dari 119 benda koleksi yang berada di museum, tujuh diantaranya hilang secara misterius.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Museum dan Taman Budaya Provinsi Riau, Sri Meka mengatakan, benda sejarah yang hilang sebanyak tujuh buah dengan total nilai sekitar 54 juta rupiah, kehilanagan ini, sudah dilaporkan ke polisi.

Hilangnya tujuh benda bernilai sejarah tersebut,  apakah ada keterlibatan orang dalam atau tidak masih dlakukan penyelidikan, pasalnya tidak ada benda yang rusak saat diketahui hilangnya benda antik tersebut. (TR/Andre)