Rabu, 20 September 2017

Yoserizal Zein Terpilih Jadi Ketua DKR Riau, Unggul 1 Suara dari Kuni Mashoranti

TOPRIAU, PEKANBARU - Raja Yoserizal Zein Terpilih sebagai Ketua Dewan Kesenian Riau (DKR) masa bhakti 2017-2023. Dengan begitu, Kepala Badan Perpustaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Riau yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan tersebut berhak menggantikan Kazaini KS.

Yoserizal yang berhasil memperoleh tujuh suara, berhasil menyisihkan pesaingnya Kuni Mashoranti yang hanya memperoleh enam suara dalam pemilihan yang dilakukan secara voting, di Gedung DKR yang ada di komplek Purna MTQ, Jalan Sudirman.

"Alhamdulillah, membesarkan nama Riau salah satunya bisa melalui kesenian dan kebudayaan. Bersama seniman lainnya kita majukan, kita kembangkan kesenian dan kebudayaan Riau lebih baik lagi," kata Yoserizal, Senin (22/5/17).

Pada penjaringan tahap awal penjaringan calon Ketua Umum DKR, ada sebanyak sembilan nama yang muncul. Sesuai tata tertib pemilihan, nama-nama yang memperoleh diatas lima suara berhak maju pada calon Ketua Umum DKR.

Dimana pada prosesnya, ada dua yang melampaui lima suara pada pemilihan awal, yakni Yoserizal enam suara dan Kuni Mashoranti delapan suara.

Kemudian pada tahap kedua, dua nama yang memperoleh dukungan di atas lima suara ini kembali diadu untuk dipilih secara voting dari 13 suara yang memilih. Namun, sebelum proses voting berlangsung terlebih dahulu dilakukan dengan penyampaian visi misi oleh dua calon serta pernyataan kesanggupan untuk dicalonkan.

Setelah itu, munculah nama Yoserizal yang memenangi hasil voting bersama Kuni. Kuni sendiri menyatakan meski tak terpilih sebagai Ketua Umum DKR, siap mendukung Yoserizal membesarkan DKR bersama seniman lainnya.(TR/MCR)