Senin, 20 November 2017

Jalan-jalan ke Siak jangan Lupa Berziarah ke Makam & Masjid Sultan

TOPRIAU, Siak - Jalan-jalan ke Kota Siak Sri Indrapura, rasanya tak lengkap jika tidak berziarah ke makam Sultan Syarif Kasim II yang letaknya bersebelahan dengan Mesjid Syahabuddin.

Terlebih lagi pada saat bulan Ramadhan ini, makam Sultan Syarif Kasim II ini selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai daerah.

Sultan Syarif Kasim II beserta dengan keluarganya dimakamkan di sini. Tampak lambang resmi Kesultanan Siak terpampang di bagian atas bangunan makam.

Sehabis berziarah, tak ada salahnya untuk menunaikan shalat di Mesjid Syahabuddin atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Kota Siak dengan nama Mesjid Sultan karena merupakan merupakan warisan dari Kesultanan Siak.

Terletak di tepi Sungai Siak, Masjid Raya Syahabuddin ini merupakan masjid tertua di kota Siak Sri Indrapura dan didirikan pada tahun 1926 di masa pemerintahan Sultan Assayidis Syarif Kasyim Abdul Jalil Syaifuddin (Sultan Syarif Kasim) II.

Selain menjadi tempat beribadah dan lokasi wisata religi, di kawasan ini dibangun turap yang dikenal dengan nama Tepian Bandar Sungai Jantan.

Water front City Tepian Bandar Sungai Jantan ini memiliki konsep yang mengintegrasikan wisata sejarah dan budaya. Kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. (TR/MCR)