Budaya Talang Mamak Diharapkan Jadi Perhatikan Gubernur Terpilih

TOPRIAU, INHU - Bathin (tetuah adat) Urusan Desa Talang Gedabu kecamatan Rakit Kulim meminta kepada siapapun Gubernur Riau terpilih nantinya akan bisa memperhatikan budaya Talang Mamak dan menjadikannya salah prioritas dalam program mereka.

"Kami berharap agar budaya Talang Mamak bisa menjadi perhatian Bapak Gubernur, karena selama ini budaya kami masih belum mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah, ungkap Bathin.

Menanggapi permintaan dari Bathin tersebut, Ketua KPU Inhu Muhammad Amin meminta langsung kepada ketua KPU Riau DR. H. Nurhamin, S.Pt. MH yang hadir dalam pelaksanaan sosialisasi KPU Inhu ke Talang gedabu, agar memasukkannya dalam sesi pertanyaan kepada para calon gubernur  dan wakil gubernur Riau dalam debat kandidat yang akan dilaksanakan 27 April 2018 mendatang."Saya minta keinginan Bathin tersebut bisa dijadikan rumusan pertanyaan dalam bidang budaya dalam debat kandidat nantinya, tegas Amin.

Selain itu juga, banyak permasalahan yang ditemui oleh KPU Inhu di Talang Gedabu diantaranya masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik.

Menanggapi permsalahan tersebut, Amin mengungkapkan pada saat bersamaan tim dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Indragiri Hulu melaksanakan perekaman KTP el didaerah tersebut.

Dikatakannya, peluang untuk mereka bisa ikut memilih masih ada, jika memang nantinya bisa didaftarkan pada Daftar Pemilih Semetara (DPS) atau jika tidak ada perubahan aturan mereka bisa saja datang ke TPS dengan membawa surat ketterangan (suket)."Itu sepanjang aturan tidak berubah, tegasnya. (TR/MCR)