Sabtu, 24 Oktober 2020

Dermaga Roro Dumai Rusak, Kapal Fery Tidak Dapat Bongkar Muatan Tertahan Hingga 6 Jam

TOPRIAU, DUMAI ll Dermaga pelabuhan penyeberangan roro Dumai mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan  untuk bongkar muat kapal feri roll on roll of. Akibatnya Dermaga  pelabuhan penyeberangan  Dumai pun terkena imbas kerusakan dan dermaga tidak  beroperasi selama enam jam Rabu, (09/09/20).


Keberadaaan dermaga yang rusak itu dikhawatirkan membahayakan keselamatan kapal roro dermaga penyeberangan kapal roro Dumai-pulau Rupat di Riau mengalami kerusakan mengakibatkan kapal fery swarna dharma tidak dapat melakukan bongkar muatan dari kapal ke pelabuhan. insiden itu membuat semua penumpang kapal tertahan di dalam dek kapal hingga tujuh jam.


Aktivitas di dermaga roro penyeberangan dumai-pulau rupat di riau terhenti enam tujuh jam, akibat kapal fery tidak dapat membongkar muatannya ke pelabuhan, karena motor mobil brigt yang berfungsi menaikan dan menurunkan random jembatan yang berada di dermaga pelabuhan roro dumai itu mengalami kerusakan. 
Insiden tersebut mengakibatkan puluhan mobil dan truk mengangkut buah sawit yang berada di dalam kapal fery kv swarna dharma yang datang dari pulau rupat tujuan dumai tertahan di atas kapal tidak dapat membongkar muatannya. kejadian itu membuat aktivitas di pelabuhan roro itu lumpuh selama tujuh jam.


Saat kejadian tidak ada satupun  petugas dinas perhubungan yang berada di lokasi dan nahkoda kapal juga tidak berada diatas kapal sehingga perbaikan kerusakan di dermaga itu berjalan lambat. pihak syah bandar yang menerima laporan insiden itu langsung turun ke lokasi.


Yuzirwan, Kasi Keselamatan Ksop Dumai, yang tiba di lokasi menyebutkan penanganan insiden kerusakan lambat karena tidak ada petugas dinas perhubungan di dermaga dan nahkoda juga tidak berada di kapal.Seharusnya sesuai sop dapat cepat diatasi sehingga aktivitas di pelabuhan roro penyebarangan tidak terganggu hingga tujuh jam.


"Setelah tujuh jam menunggu akhirnya semua muatan kapal dapat di turun ke pelabuhan setelah kapal fery dipaksa menurun muatannya meski dengan kondisi tidak ñormal," ucap yuzirwan.


Kejadian itu, membuat puluhan mobil dan truk menjmpuk di pelabuhan dan jadwal keberangkatan kapal ikut terganggu. Setiap hari ada dua kapal fery yang melayani penyeberangan rute dumai - pulau rupat.

Dekatra *