Minggu, 19 November 2017

Ekonomi Merosot, Penjualan Kambing Jelang Idul Adha Menurun

TOPRIAU, PEKANBARU - Menjelang Hari Raya Idul Adha, pemilik peternakan hewan biasanya akan meraup untung lebih besar. Selain harga jual yang biasanya naik, penjualan ternak mereka pun akan naik berkali lipat.

Namun pada tahun ini penjualan hewan ternak, khususnya kambing mengalami penurunan.

Seperti yang disampaikan Ramadhoni, pemilik peternakan kambing Diana Family di Jalan Hasan Basri, Kecamatan Sail Pekanbaru bahwa selama dua tahun belakangan penjualan kambing menurun. Penurunannya bahkan cukup drastis hingga 50 persen lebih.

"Peternakan ini sudah jual kambing sejak 1996, namun baru dua tahun ini penjualan menurun," kata Dhoni pada Ahad (27/8/2017).

Dhoni menyatakan biasanya tidak kurang dari 300 ekor kambing yang terjual menjelang lebaran Idul Adha. Namun sejak tahun kemarin, untuk mencapai 150 ekor saja cukup sulit. "Tahun 2015 lalu penjualan kita saja lebih 300 ekor," sebutnya.

Menurut Dhoni, penyebab dari turunnya penjualan kambing ini karena ekonomi yang lebih berat. Pengeluaran yang tinggi serta pemasukan yang semakin rendah membuat mayarakat tidak banyak yang berkurban.

Saat ini, kambing kurban dijual mulai dari Rp 2 juta. Kambing tersebut sudah memiliki kriteria kurban diantaranya jantan, cukup umur, sehat dan tidak memiliki cacat.(TR/MCR)