Sabtu, 17 November 2018

Tak Kunjung Usai, Pemko Pekanbaru Harapkan Pemprov Riau Hibahkan Pasar Cik Puan

TOPRIAU, PEKANBARU - Kemelut yang terjadi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru mengenai pengelolaan pasar Cik Puan masih belum menemui titik terang. Pasalnya pasar tersebut merupakan aset milik Pemprov Riau.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi memgatakan bahwa Pemko Pekanbaru terus melakukan komunikasi dengan Pemprov Riau, tetapi hal itu tentu tidaklah mudah. Karena Pemprov harus mengkomunikasikan terlebih dahulu dengan DPRD Riau.

"Ya inginnya gitu, dari dulu inginnya hibah. Dari periode pertama sih ya sudah serahkan saja. Tapi karena ini aset tentu tidak mudah karena ini penghapusan aset," sahut Ayat Cahyadi saat diwawancarai, Senin (15/01/2018).

Namun, sambungnya, Pemko tetap berusaha bagaimana persoalan tersebut dapat selesai. Bagaimana pun hasilnya akan tetap  dikomunikasikan terus dengan pihak Pemprov.

"Ya Insya Allah ini akan menjadi konsen kita. Seperti apa nanti saya perintahkan asisten untuk segera komunikasi ke Pemprov," ujar Ayat.

Menurutnya, jikalau nanti pengelolaan pasar Cik Puan akan dipihak ketigakan maka seperti apa poin-poin perjanjiannya. Dan jika itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru akan dilihat bagaimana poin-poin perjanjiannya.

"Masalah ini sudah kita komunikasikan sejak periode pertama. Cuma dari pihak pemprov kan lama transisinya," jelas Ayat.

Ia menegaskan, sejak Ia dan Firdaus dilantik pada periode pertama tanggal 26 Januari 2012, sebetulnya ada surat dari pemprov kepada pemko saat itu. Karena surat itulah dibangun hanya saja belum selesai.

"Kalo ini dari APBD Kota silahkan. Salah satu bunyi suratnya itu. Dan yang jelas ada," tutupnya.(TR/MCRt)