Dipicu Harga Ayam Ras, Januari Inflasi Pekanbaru 0,59 Persen

TOPRIAU, PEKANBARU— Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat, Januari 2018 Kota Pekanbaru mengalami inflasi sebesar 0,59 persen dengan IHK 133,95.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau Aden Gultom mengatakan, semua kelompok pengeluaran memberikan andil,  inflasi pada Januari 2018.

"Kelompok bahan makanan dengan andil sebesar 0,32 persen, diikuti kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar dengan andil 0,14 persen, kelompok makanan, minuman, rokok dan tembakau dengan andil sebesar 0,05 persen, kelompok sandang dengan andil sebesar 0,04 persen, kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan dengan andil sebesar 0,02 persen, dan kelompok kesehatan serta kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga masing- masing memberi andil sebesar 0,01 persen," papar Aden, Kamis (1/2).

Ditambahkan Aden, komoditas yang memberikan andil terbesar terjadinya inflasi di Pekanbaru antara lain daging ayam ras, dengan andil sebesar 0,09 persen, cabai merah dengan andil sebesar 0,06 persen, bawang merah dan upah pembantu rumahtangga dengan andil masing-masing sebesar 0,05 persen.

Selain itu, juga sewa rumah, kentang dan bahan bakar rumah tangga masing-masing dengan andil sebesar 0,04 persen, rokok dan teras dengan andil masing-masing sebesar 0,03 persen, dan beberapa komoditas lain yang memberi andil kurang dari 0,03 persen," pungkasnya. (Kominfo).