Sabtu, 15 Desember 2018

Panen Raya Padi Di Tanjung Penyebal, Wawako Bersama Dandim 0320 Dumai.

 

 

 

16 Februari 2018

 

TOPRIAU.DUMAI – Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo, bersama DANDIM 0320 Dumai Letkol (Inf) Horas Sitinjak dan Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Hadiyono melaksanakan panen raya padi. Panen sudah menggunakan mesin panen padi combine havester kecil bantuan pemerintah di Kelurahan Tanjung Penyebal Kecamatan Sungai Sembilan, kota Dumai, Jumat(16/02/2018).

 

Pada kesempatan itu, Wawako Dumai Eko Suharjo langsung ikut bersama Dandim 0320 Dumai melakukan panen raya menggunakan alat yang digunakan petani untuk memudahkan proses panen, salah satu lokasi panen kali ini yaitu Kelompok Tani Tunas Harapan Kelurahan Tanjung Penyebal di atas Lahan PT. ERA KARYA JATA YUMAS Jln. Melati RT. 09. Kel. Tanjung Penyembal Kec. Sei. Sembilan .

 

Panen ini dalam rangka mensukseskan Program pajale untuk mewujudkan swasembada pangan oleh Wakil Wali Kota Dumai, DANDIM 0320/Dumai dan KADIS Ketahanan pangan dan Pertanian Kota Dumai  oleh Kelompok Tani TUNAS HARAPAN dan DUKU JAYA Kel. Tanjung Menyembal Kec. Sei. Sembilan Kota Dumai.

 

Wawako bersama Dandim 0320 Dumai melakukan panen raya dengan bantuan mesin Hand Traktor merupakan bantuan untuk kelompok tani diperoleh dari Pemerintah Pusat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai untuk pengembangan padi inbrida lahan kering seluas 1000 Ha, pengembangan kacang tanah 30 Ha, pengembangan padi intensifikasi padi palawija 50 Ha dengan tujuan untuk meningkatkan swasembada pangan kota dumai.

 

Wawakota Dumai berharap, semua bantuan dapat dimanfaatkan kelompok tani sebagaimana mestinya, agar dapat mempermudah dan efisiensi biaya serta waktu saat panen padi. Di tengah perkembangan teknologi saat ini, petani juga harus berkembang, dan dapat dipergunakan dalam waktu panjang.

 

"Pertanian menjadi salah satu sektor yang diprioritaskan Pemerintah Kota Dumai guna untuk memenuhi kebutuhan pangan. Tentunya panen kali ini swasembada pangan tercapai dan petani kita sejahtera," ungkap wawako

 

Wawako Eko Suharjo juga meminta agar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai ikut memantau perkembangan para petani, bahu membahu membuat inovasi agar petani kota dumai maju dan sejahtera. Satuan terkait harus terjun ke lapangan, meninjau dan menyerap aspirasi maupun permasalahan yang dihadapi petani.

 

"Tidak bisa dipungkiri, permasalahan yang dihadapi petani masih banyak. Mulai dari pupuk, air, hama, penyakit dan lainnya.

 

Kemudian Wakil  Walikota Dumai Eko Suharjo juga memberikan ucapan terima kasih kepada Dandim 0320 Dumai beserta seluruh jajaranya atas bantuan kepada para petani baik fisik maupun moril serta semangat juang yang tinggi membangkitkan semangat para petani semoga apa yang kita cita-citakan bersama dapat terwujud. Tutup Wawako

 

(Dekatra/TR)