Capella Honda, Berikan Pelatihan Safety Riding Bersama Paguyuban Honda Bikers Duri

TOPRIAU,DURI - PT Capella Dinamik Nusantara sebagai Main Dealer Honda Wilayah Aceh, Riau dan Kepulauan Riau kembali melaksanakan kegiatan Safety Riding kepada Paguyuban Komunitas Honda diberikan kepada komunitas Paguyuban Honda Bikers Duri di Terminal Lama Jalan Lingkar Duri.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh 110 peserta yang berasal dari 11 Club yang tergabung di Paguyuban Honda Bikers Duri seperti Honda Sonic Owner Club (HSOI), Honda Street Fire Club Indonesia (HSFCI), Verza Rider Community Indonesia (VRCI), CBR Rider Duri (CRD) dan CBR Club Indonesia (CCI).

 

Capella Honda bersama Satlantas Polres Bengkalis-Duri, dalam Pelatihan yang diberikan Arif Rahman Hakim selaku Instruktur Safety Riding PT Capella Dinamik Nusantara Riau menjelaskan, teknik berkendara salah satunya pengereman agar aman tidak disarankan meletakkan jari dituas rem. Bila sebaiknya, terancam bahaya akibat reflek jari tangan yang secara tidak sengaja menarik tuas rem akibat situasi tertentu.

 

Jika saat pengereman hanya ditopang oleh tiga jari (jempol,jari dan kelingking) dikhawatirkan telapak tangan tidak cukup kuat untuk menahan beban motor.

 

"Kita harus menutup putaran gas saat memutuskan mengerem. Mengerem yang baik adalah menarik tuas, pada saat bersamaan kaki kanan menginjak rem belakang sebagai penyeimbang dan jangan lupa memastikan posisi sepeda motor tegak (tidak miring) sehingga bisa menghindari resiko jatuh," ungkapnya.

 

Pada saat praktek juga dijelaskan bagaimana teknik pengereman karena, teknik pengereman adalah faktor penting dalam berkendara. Pengendara yang setiap hari mengendarai motor pun belum tentu memahami teknik yang benar dalam melakukan pengereman.

 

Sementara itu, Bripka Riduan Z SH, Satlantas Polres Bengkalis mengatakan, suatu kebanggaan Honda Bikers telah menjadi percontohan untuk tata tertib berlalu lintas. "Kami Satlantas Polres Bengkalis akan tetap memantau dan membimbing rekan-rekan komunitas," katanya.

 

Selain itu, anggota Paguyuban Honda Bikers Duri, Manajer Nainggolan mengatakan, kegiatan training Safety Riding ini sangat bermanfaat. Dengan adanya kegiatan ini, seluruh peserta dapat memahami bagaimana berkendara yang aman terutama di riding skill seperti Teknik Pengereman.

 

"Kami komunitas dan Club yang tergabung di Honda Bikers Duri yang dibimbing oleh Satlantas Polres Bengkalis dan berpartner dengan Capella Honda mengharapkan kegiatan ini menjadi agenda rutin kegiatan kami kedepannya dan seluruh anggota yang tergabung menjadi pelopor keselamatan berkendara. Cari Aman berkendara, Helm dan Jaket wajib digunaka," ujar Nainggolan.

 

Selain itu, diakhir acara, tim Safety Riding Capella Honda membagikan Helm dan Souvenir #Cari Aman bagi peserta. Semoga Ilmu Safety Riding yang diberikan bermanfaat bagi peserta dan menjadikan Safety Riding bukan hanya sebagai kebiasaan namun menjadi kebutuhan saat berkendara.

 

Bahkan Sales Manager PT Capella Dinamik Nusantara Riau Soeryadi mengatakan, kegiatan ini akan rutin kami lakukan sebagai salah satu upaya kami untuk meningkatkan kesadaran pentingnya keselamatan berlalu lintas di jalan raya kepada masayarakat. (TR/Rls)