Harga Cabai Merah di Pekanbaru Naik, Bawang Putih Turun

TOPRIAU, PEKANBARU -- Sejumlah harga kebutuhan pokok di Pekanbaru kembali alami kenaikan. Terutama pada komoditi cabai merah dan rawit.

Seperti yang disampaikan oleh Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Pekanbaru Juarman, Rabu (11/4/2018). Ia mengatakan harga cabai merah naik tipis dari Rp45 ribu jadi Rp46 ribu per kg, cabai rawit Rp51 ribu jadi Rp52 ribu per kg, dan kentang dari Rp8 ribu jadi Rp10 ribu per kg.

"Untuk harga bawang putih alami penurunan harga dari Rp32 ribu per kg menjadi Rp30 ribu per kg. Sedangkan bawang merah bertahan di harga tinggi Rp40 ribu padahal biasanya harga normal cuma Rp20 ribu per kg," ujar Juarman.

Lalu untuk ikan tongkol bertahan Rp35 ribu per kg, daging sapi Rp110 ribu per kg dan daging ayam potong Rp23 ribu per kg.

"Kenaikan harga diakibatkan stok mulai terbatas. Karena biasanya pedagang membeli barang untuk distok sampai beberapa hari. Biasanya mendekati akhir pekan harga akan merangkak naik," ungkapnya.

"Kita tetap akan pantau bersama dengan Bulog. Apakah nanti akan dilakukan operasi pasar atau tidak," imbuhnya. (TR/Kominfo)