Transaksi Emas di Pekanbaru Meningkat Jelang Lebaran

TOPRIAU, PEKANBARU -- Transaksi pembelian dan penjualan emas di Pekanbaru meningkat jelang lebaran. Emas merupakan salah satu incaran sebagian masyarakat untuk dikenakan pada saat Idul fitri.

Pantauan media, pada H-1 lebaran transaksi penjualan dan pembelian emas ramai di Pasar Sukaramai, Ramayana.

Konsumen toko emas terlihat lebih banyak dari biasanya. Ada yang membeli emas, ada pula yang menjual emas. Namun menurut penuturan salah seorang pedagang emas, Andi, saat ini masyarakat yang membeli emas jauh lebih banyak ketimbang yang menjualnya.

Menurut Andi, di toko miliknya satu gram emas 22 karat harganya saat ini Rp400 ribu. Sedangkan untuk emas 24 karat harganya Rp580 ribu.

"Kalau ibu-ibu yang berbelanja ke sini mereka lebih senang membeli emas 24 karat. Gelang tangan dan kalung yang jadi favorit," ungkapnya.

Kondisi ini berbanding terbalik pada saat awal Ramadan dimana masyarakat lebih banyak menjual.

"Biasanya memang kalau setiap menjelang Idul Fitri tingkat beli masyarakat terhadap emas lebih tinggi. Karena menyambut lebaran ini, banyak yang mau serba baru termasuk beli emas juga," katanya lagi.

Salah seorang warga Rumbai Pesisir, Salmah, yang ditemui di toko emas mengatakan bahwa ia membeli emas tersebut untuk dirinya dan anaknya.

"Kebetulan ada rezeki lebih jelang lebaran, jadi saya beli gelang untuk saya dan kalung untuk anak perempuan saya," pungkasnya. (TR/Kom)