Jumat, 19 Oktober 2018

Banyak Temuan, Pemprov Riau akan Inventarisasi Persoalan Gas Elpiji

TOPRIAU, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau akan menginventarisir persoalan-persoalan gas elpiji di masyarakat. Hal ini dikarenakan masih banyaknya temuan dan laporan terkait salah satu keperluan pokok masyarakat tersebut.

Salah satu persoalan yang menjadi kendala teknis adalah soal pendistribusian di kawasan perbatasan. Untuk itu stakeholder terkait harus bersinergi dalam menjawab persoalan tersebut, agar tidak menimbulkan kelangkaan dan lonjakan harga.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Ekonomi dan Sumber Daya Alam (ESDA) Setdaprov Riau, Darusman di Kantor Gubernur Riau. Persoalan kawasan perbatasan tersebut dapat mempengaruhi kuota gas bersubsidi yang telah dialokasikan pemerintah.

"Persoalan lain yang diduga dapat mempengaruhi fluktuasi harga elpiji adalah akses tempuh menuju daerah yang cukup jauh. Misalnya di kawasan Indragiri Hilir, Meranti dan beberapa daerah lainnya," paparnya.

Hal itulah yang sejatinya perlu menjadi perhatian bersama untuk dicarikan solusinya. Sehingga tidak terjadi keluhan warga karena ekonomi biaya tinggi. Dalam hal ini pengawasan terhadap Harga Eceran Tertinggi (HET) sesuai ketetapan pemerintah harus tetap dilakukan secara berkelanjutan.(TR/MCR)