Kamis, 15 November 2018

Kawasan Senapelan Pekanbaru Bakal Disulap jadi Area 'Car Free Night'

TOPRIAU, PEKANBARU -- Kawasan Senapelan bakal disulap menjadi area ' Car Free Night'. Nantinya konsep yang diusung sama seperti Food Street.

Informasi tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut. Ia juga menjelaskan, untuk nama, wacana yang akan di terapkan secara resmi memang belum ada. Tapi banyak pihak yang mengistilahkannya dengan Car Free Night.

"Konsepnya sama seperti kita membuat Food Street, atau  kawasan tertentu yang bisa dijadikan sebagai salah satu tempat rekreasi ataupun pusat kegiatan masyarakat," kata Ingot.

Dipilihnya kawasan Senapelan sebagai area  Car Free Night, kata Ingot, karena di sana terutama daerah Kampung Bandar dan sekitarnya merupakan historikal Kota Pekanbaru. Sedang diproses dan diusulkan menjadi daerah budaya Kota Pekanbar.

"Untuk mensupportnya, tentu kawasan harus dihidupkan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Makanya kita berencana mewacanakan itu dan sedang diformulasikan. Progres sudah berjalan untuk membuat sebuah lokasi yang bisa dijadikan tempat iven dan bisa membawa orang yang cukup banyak," jelas Ingot.

Untuk merealisasikan rencana Car Free Night, nantinya beberapa jalan di sekitar itu akan ditutup pada malam hari. Sehingga dengan akses jalan yang tersedia bisa dijadikan untuk kegiatan masyarakat. Seperti pasar kuliner, eksibisi, fair, pertunjukan-pertunjukan kegiatan seni budaya dan lainnya.

"Itulah semacam kegiatan yang akan menciptakan atmosfer Pekanbaru-Senapelan di Car Free Night nantinya," terangnya.(TR/Kominfo)