Selasa, 17 September 2019

Harga Sembako di Pekanbaru Fluktuasi Jelang Natal dan Tahun Baru

TOPRIAU, PEKANBARU -- Jelang natal dan tahun baru, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pekanbaru terus mengalami fluktuasi harga.

Data Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, komoditi yang terus mengalami fluktuasi harga adalah komoditi cabai merah dan bawang.

Kepala DPP Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, Selasa (4/12/2018), harga cabai Bukittinggi turun dari Rp37 ribu perkilogram jadi Rp32 ribu perkilogram. Untuk cabai Medan dari Rp29 ribu jadi Rp28 ribu perkikogramnya.

"Sementara itu harga bawang merah naik dari Rp26 ribu perkilogram jadi Rp28 ribu perkilogramnya. Kemudian harga bawang putih naik dari Rp19 ribu perkilogram jadi Rp20 ribu perkilogram," ucapnya.

Lanjut Ingot, untuk harga bawang merah memang ada dampak dari terbakarnya gudang bawang di Jalan Arengka 2 beberapa waktu lalu.

"Memang ada pengaruh terbakarnya gudang bawang merah dengan pasokan kita. Tetapi konsumen tidak perlu khawatir, sebab pasokan bawang tidak hanya dari Sumbar tetapi ada juga dari Jawa. Jadi harapan kita kedepan harga bawang bisa stabil," ujarnya.

Ingot juga mengimbau seluruh pedagang untuk tidak melakukan spekulasi harga. "Karena kita selalu lakukan pemantauan, dan Tim Satgas Pangan juga ada. Jadi kalau macam-macam urusannya ke pihak berwajib," ungkapnya.

Lanjutnya, untuk harga komoditi lainnya masih stabil dan sama dengan pekan sebelumnya. Seperti harga cabai rawit Rp42 ribu perkilogram, tomat Rp10 ribu perkilogram, ayam potong Rp24 ribu perkilogram, dan telur ayam Rp1.500 per butir. Kemudian daging sapi Rp120 ribu per kg, dan ikan tongkol Rp28 ribu per kg. (Kominfo)