Jumat, 17 November 2017

Kepedlian Pemko bagi Kelompok Peternak, Walikota Pekanbaru Serahkan Bantuan Bibit Lele

TOPRIAU, PEKANBARU- Walikota Pekanbaru, Firdaus menyerahkan bibit lele bagi 10 kelompok peternak ikan di Jl. Bata, Kelurahan Rejosari, Tenayan Raya, Rabu (27/1).

Bantuan berupa bibit lele dumbo ini diberikan kepada kelompok ternak lele dumbo Pinang Seleret. Dana bantuan ini berasal dari dana masyarakat yang disumbangkan oleh muzaki melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru tahun 2016 dalam program Pekanbaru makmur.

Wako dalam sambutan singkatnya ditengah rintik hujan menyebutkan, bantuan ini adalah perangsang bagi para peternak. jumlahnya yang tidak seberapa haruslah dijadikan motivasi dan diupayakan berkembang. Diakuinya selama ini masih banyak bantuan yang diberikan tidak bertambah, alias berhenti setelah waktu berjalan.

"Banyak bantuan diberikan tidak berkembang selanjutnya, bahkan hanya sampai disitu," ujar Firdaus.

Makanya ia berpesan anggota kelompok yang menerima bantuan, apapun bentuknya baik itu dari dana Baznas maupun dari donatur lainnya hendaknya diberdayakan dan diusahakan sebaik mungkin agar berkembang.


Ditempat yang sama salah satu anggota kelompok peternak lele dumbo Pinang Seleret, Samsir Alam mengaku terkejut atas bantuan ini, bahkan mereka tidak menyangka akan diberikan bantuan oleh Pemko. Ia mengaku anggota kelompok peternak ini rata-rata kaum fakir miskin yang memang tidak memiliki penghasilan tetap. Tetapi berniat ingin membuka usaha peternakan namun terkendala modal.

Lalu sebutnya mendengarkan keinginan tersebut ia berusaha menyampaikan kepada pemerintah akhirnya dikabulkan dan dibantu bibit lele.

"Kami rasa bermimpi mendapatkan kabar akan diberi bantuan bibit lele," ujarnya dengan suara berat.

Ia berjanji akan membina anggotanya agar bantuan ini terus bergulir hingga maju. (TR/Adv/hms)