Jumat, 13 Desember 2019

Hanya Ikut dengan Suami Merencanakan Pembunuhan Elizabeth Dituntut JPU 9 Tahun Penjara

TOPRIAU, PANGKALAN KERINCI – Gara gara ikut dengan suami merencanakan pembunuhan, Elizabeth istri dari Bagus dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman sembilan tahun penjara. Elizabet didakwa bersalah dalam persidangan karena melakukan perbuatan melawan hukum melanggar pasal 339 jo 56KUHP.

Ringannya tuntutan ini karena berdasarkan fakta persidangan bahwa terdakwa tidak ikut merencanakan pembunuhan hanya saja terdakwa ikut dengan suami atas dasar paksaan..

JPU Marthalius SH saat dijumpai wartawan menjelaskan ,terkait dengan tuntutan sembilan tahun yang kita berikan kepada terdakwa Elizabeth dikarenakan dalam fakta persidangan  baik dari keterangan saksi maupun terdakwa sendiri bahwa dirinya dalam pembunuhan itu tidak ikut merencanakan akan tetapi terpaksa ikut karena perintah suami.

“Jadi terdakwa Elizabeth didakwa dengan pasal 339jo 56 KUHP yang artinya terdakwa tidak ikut merencanakan tapi ikut bersama sama melakukan perbuatan itu,selain itu atas dasar beberapa pertimbangan maka akhirnya kita tuntutlah terdakwa sesuai dengan dakwaan kita yakni pasal 339 no 56 dengan meminta agar Majelis Hakim menghukum terdakwa selama sembilan tahun penjara”, terangnya.

Terdakwa Elizabeth yang didampingi penasehat hukumnya Pos Bakum paham ,atas tuntutan JPU secara lisan memohon kepada Majelis Hakim untuk meringankan hukumannya.

Majelis Hakim yang diketuai oleh Nurrahmi SH setelah mendengarkan pembelaan terdakwa yang disampaikan secara lisan menunda sidang sampai tanggal 31 Juli 2019 dengan agenda pembacaan amar putusan oleh Majelis Hakim. (Ishar.D)