Kamis, 22 Agustus 2019

Ikut Bersama Suami Melakukan Pembunuhan, Monalisa Divonis Enam Tahun Penjara

TOPRIAU, PANGKALAN KERINCI -  Monalisa Eli Sabeth br Pakpahan yang ikut bersama suaminya Bagus Sugito dalam pembunuhan tukang kredit beberapa bulan  lalu di Bandar Seikijang di vonis oleh Majelis Hakim dengan hukuman enam tahun penjara dikurangi selama berada dalam tahan serta denda Rp 2000.

Sidang yang di ketuai oleh Nurrahmi SH beranggotakan Joko Sucipto SH MH dan Rahmad Hidayat Batu Bara SH ST MH, berlangsung di ruang Cakra PN Pelalawan  Rabu (7/8/2019). Sebelumnya Monalisa dituntut oleh JPU Marthalius SH dengan hukuman sembilan tahun penjara.

Dalam amar putusan yang di bacakan oleh Hakim anggota Joko Sucipto SH MH menyatakan bahwa terdakwa terbukti bersalah melakukan perbuatan melawan hukum membantu terdakwa Bagus Sugito yang juga suami terdakwa sendiri melakukan pembunuhan  di perkebunan PT CDS terhadap seorang tukang kredit.

Monalisa didakwa oleh JPU dengan dakwaan melanggar pasal 339 junto 56 KUHP, sesuai dengan dakwaan JPU bahwa unsur dakwaan primer kesatu sudah terpenuhi ,maka unsur subsider tidak perlu lagi dibacakan ,berdasarkan fakta dipersidangan baik dari keterangan para saksi maupun keterangan terdakwa sendiri.

Majelis Hakim berpendapat bahwa terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan perbuatan melawan hukum melanggar pasal 339 junto 56. Atas perbuatannya terdakwa yang sehat  tidak kurang sedikit apapun Majelis Hakim memandang terdakwa layak dihukum sesuai dengan perbuatannya,.

“Maka dari itu hasil musyawarah Majelis Hakim pada hari selasa yang dibacakan hari ini Rabu 7 Agustus 2019 memutuskan  dengan menjatuhkan vonis selama  6 tahun penjara dikurangi selama dalam tahanan serta membayar denda Rp 2000” terangnya.

Sementara terdakwa Monalisa Elisabeth br Pakpahan usai mendengarkan putusan yang dibacakan oleh Majelis Hakim tanpa pikir panjang menyatakan terima sedangkan JPU Marthalius SH juga menyatakan terima. ( ishar. D).