Sidang Kasus Sabu Satu Kilo, Kurir Dituntut 16 Tahun Sementara Pemilik Hanya 12 Tahun Penjara

TOPRIAU, PANGKALAN KERINCI - Renol alias Canon terdakwa kasus narkoba  dalam persidangan mengakui bahwa barang bukti satu kilo gram sabu sabu yang dibawanya adalah milik Deni karena barang tersebut diserahkan Deni kepadanya dengan janji jika barang ini selamat akan dikasih imbalan Rp 7000.000 dan sebagai panjar dikasih duit Rp 1.000000.

Saat di konfirmasi wartawan menjelang persidangan Renol menjelaskan, dirinya mengakui bahwa sabu sabu sekilo diamankan dari tangannya namun barang tersebut bukan miliknya tapi milik saudara Deni.

“Deni yang menyuruh saya mengantarkan barang tersebut ke Pangkalan Kerinci dengan upah yang dijanjikan sebesar tujuh juta apabila barang selamat sampai ditujuan. Sebagai panjar saya hanya terima satu juta rupiah”, jelas Renol.

Kurir Sabu ini menjelaskan, setelah ketangkap dirinya disurati Deni agar mengakui barang itu semua miliknya, namun dalam hal ini dirinya tetap tidak mengakui miliknya tapi milik Deni.

“Hati saya bertanya tanya karena sepengetahuan saya BB Deni saat ditangkap itu lebih besar dari saya tapi dalam BAP BB dia hanya Dua ons saja apakah yang lain di buang atau di sembunyikan saya gak tau” tuturnya.

Sementara Penasehat Hukum terdakwa Posbakum Paham  and part ner saat dikonfirmasi tentang pledoinya kepada wartawan mengatakan bahwa dalam pembelaan, mereka akan masukkan poin poin yang penting jika perlu kita masukkan data pendukung yang bisa meringankan terdakwa ,diantaranya tentang fakta di persidangan ataupun ada data di luar itu yang rasanya bisa membantu terdakwa dihukum lebih ringan dari tuntutan.

Selain itu, terkait dalam fakta persidangan terdakwa adalah sebagai kurir.bukan pemilik barang ,sesuai dengan pengakuan terdakwa dipersidangan bahwa dirinya disuruh Deni mengantar barang tersebut ke Pelalawan dengan janji upah tujuh juta ,dan dipanjar satu juta menjelang barang selamat sampai.

Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) Silvanus R Manulang saat dikonfirmasi bebebrapa waktu menjelaskan tuntutan yang dibuat sesuai dengan dakwaan minggu lalu. “ Tuntutan yang kita buat sudah sesuai dengan dakwaan kita minggu sebelumnya” terang Manulang .( ishar.D)