Selasa, 17 September 2019

Berantas Narkotika, Polres Dumai Musnahkan Sabu 29 Kg, Ganja 38 Kg dan 20 Ribu Ekstasi

TOPRIAU, DUMAI - Kepolisian Resort Dumai memusnahkan barang bukti pengungkapan kasus penyalahgunaan narkotika terhitung sejak April hingga Juli 2019. Pemusnahan barang bukti dilangsungkan di Halaman Kantor Manggala Agni, pada Kamis (22/08/2019) pagi.


Narkotika jenis ganja sebanyak 38.742,78 gram, Sabu 29.456,43 gram dan 20 ribu butir pil ekstasi dimusnahkan dengan cara di rendamkan ke dalam air panas dan yang lainnya dibakar dihadapan perwakilan instansi hukum terkait yang hadir dan forkopimda Dumai.


AKBP Restika Pardamean Nainggolan menyebutkan pemusnahan barang bukti ini, merupakan pengungkapan  kasus peredaran narkoba sinergitas Polres Dumai bersama Kantor Pengawas dan Penindakan Bea Cukai (KPPBC) Dumai dalam empat bulan terakhir ini.


"Ada sekitar 29 kg narkotika jenis sabu, 38 kg ganja dan 40 ribu butir yang kita musnahkan merupakan ungkap kasus Polres Dumai dan Bea Cukai Dumai," tukas Kapolres.


Puluhan kilo sabu, ganja dan dua puluh ribu butir ekstasi ini merupakan barang bukti lima perkara yang ditangani Polres dan Bea Cukai Dumai dengan sembilan tersangka.


Kapolres menambahkan, bahwa peredaran narkotika itu dapat masuk ke Indonesia diduga memiliki jaringan terhubung dengani luar negeri karena hasil pengungkapan barang haram itu berasal dari negara tetangga Malaysia.


"Keberhasilan ini merupakan bentuk komitmen dalam memberantas peredaran narkotika, dan kita terus bersinergi dengan instansi hukum lainnya melakukan pengawasan terhadap setiap kegiatan yang mencurigakan masuk ke wilayah perairan Dumai," jelasnya.


Usai melakukan pemusnahan barang bukti narkotika, dilanjutkan dengan penandatanganan  berita acara pemusnahan barang bukti tersebut.


Penulis : Oka

Editor.   : Dekatra