Selasa, 17 September 2019

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Muara Takus 2019 Polres Dumai

TOPRIAU, DUMAI - Pelaksanaan Operasi Patuh Muara Takus untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcar lantas.


Operasi Patuh Muara Takus tahun 2019 berlangsung hari ini, Kamis (29/8/2019) hingga 14 hari ke depan.
Jajaran Polres Dumai menandainya dengan Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Muara Takus tahun 2019 bersama aparat gabungan TNI/Polri dan unsur Pemerintah Kota Dumai, yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Dumai Kompol Alex Sandy Siregar S.I.K, M.H.


Operasi yang digelar serentak seluruh Indonesia ini berfokus pada penindakan pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalulintas. Sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan berkendara.


"Operasi patuh ini akan melalui proses sosialisasi, teguran, hingga penindakan terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran," ujar Kompol Alex Sandy.
Dalam operasi ini ada dua sistem penindakan yang akan dilakukan yaitu Stationer dan Mobile Hunting dengan tujuh sasaran utama pelanggaran lalu lintas diantaranya berkendara yang tidak wajar atau mabuk, berboncengan lebih dari satu, menggunakan handphone saat berkendara, melawan arus, overload dan batas kecepatan maksimum serta beberapa pelanggaran lainnya.


Kasat Lantas Polres Dumai AKP Agustinus Chandra P S.I.K menjelaskan bahwa jelang melaksanakan operasi ini, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan pemberitahuan kepada seluruh masyarakat dan instansi maupun pihak sekolah baik secara langsung maupun pemberitahuan melalui spanduk untuk tertib berlalu lintas serta melengkapi surat kendaraan mereka.


"Penindakan bukan hanya berlaku kepada kendaraan roda dua, melainkan kendaraan roda empat juga akan kita tertibkan apabila melakukan pelanggaran," papar Kasat Lantas Polres Dumai.


Penindakan terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran, petugas Satlantas Polres Dumai akan melakukan proses tilang elektronik terhadap segala bentuk pelanggaran.


Meski demikian, AKP Agustinus Chandra menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tertib dan mematuhi aturan lalu lintas. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, termasuk melengkapi surat-surat kendaraan.
Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan Ops Patuh ini dapat menekan angka kecelakaan dan meminimalisir vitalitas korban.


"Kami menghimbau kepada masyarakat  untuk tertib lalu lintas  dan jadi pelopor keselamatan," tambahnya.
Selain itu, pihaknya juga akan bekerja sama dengan instansi terkait untuk melakukan pengecekan kelayakan kendaraan dan pengecekan kesehatan pengemudi, di Terminal Akap dan Terminal Timbangan.


"Selain itu kita juga akan.menertibkan parkir di badan jalan, dan segala bentuk potensi yang dapat menggangu ketertiban dan keamanan di jalan raya," pungkasnya.


(D - Oka)