Selasa, 17 September 2019

Advokat Edi Azmi SH Terima Penghargaan Pengguna Aplikasi e-Court Terbanyak di Pengadilan Negeri Dumai

TOPRIAU, DUMAI - Pengadilan Negeri Dumai memberikan reward atau penghargaan kepada advokat atau pengacara Edi Azmi SH sebagai pengguna terbanyak aplikasi elektronik atau e-Court dalam mendaftarkan dan pembayaran perkara di Pengadilan Negeri Dumai.


Penghargaan itu langsung di berikan secara simbolis oleh Ketua Pengadilan Negeri Dumai, Hendri Tobing SH. MH di kantor PN Dumai pada Kamis, (29/08/2019)


Humas Pengadilan Negeri Dumai Leonardo Meiji Hasoloan Tobing SH.MH mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada advokat yang menggunakan aplikasi e-Court dalam pendaftaran perkara dan pembayaran yang terbanyak di Pengadilan Negeri Dumai.


Aplikasi e-court ini, difungsikan untuk mempercepat pelayanan administrasi secara elektronik, seperti daftar perkara perdata umum maupun membayar biaya perkara.


“Jadi para advokat tidak harus ke kantor Pengadilan Negeri Dumai untuk mendaftarkan perkara. Cukup membuka aplikasi e-Court sudah dapat mendaftar perkara perdata umum. Sehingga lewat e-Court sudah menerima register perkara,” jelasnya.


Aplikasi e-Court akan memudahkan advokat untuk mendaftar perkara perdata di Pengadilan Negeri Dumai, dan pembayaran juga melalui bank yang sudah bekerjasama dengan Mahkamah Agung.


“Advokat yang ada di luar Dumai juga  bisa mendaftar lewat e-Court dan tidak perlu ke Kantor PN Dumai. Nanti data itu langsung terdaftar di PN Dumai,” tambahnya.


e-Court sangat memudahkan advokat, meski masih banyak kelebihan dan kekurangannya sehingga perlu ada perbaikan dari sistem tersebut.


“E-Court ini  akan meminimalkan  interaksi antara advokat dengan pegawai pengadilan. Sehingga akan potensi terjadi kesalah pahaman jika ada kendala dan permasalahan," jelas Leonardo Tobing.


Penerapan administrasi perkara di pengadilan secara elektronik (e-court) berdampak langsung bagi praktik advokat di Pengadilan Negeri Dumai. Para advokat yang tak memiliki akun e-court dapat terhalang dalam beracara di pengadilan.


Diharapkan para advokat mendukung kemajuan teknologi ini untuk peningkatan kualitas penegakkan hukum.Termasuk peningkatan kualitas profesi advokat.


(Dekatra)