Selasa, 31 Maret 2020

Kejaksaan Negeri Dumai Musnahkan Barang Bukti dari 49 Perkara

TOPRIAU, DUMAI - Kejaksaan Negeri Dumai memusnahkan barang bukti dari perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah). Barang bukti yang dimusnahkan berasal dari kasus periode 2019 hingga 2020.


Pemusnahan dilaksanakan sekitar di halaman Kejari Dumai, Kamis, 5 Maret 2020. Barang bukti yang dimusnakan mulai dari narkotika, senjata tajam hingga barang selundupan.


Kepala Kejari Dumai, Khairul A mengatakan pemusnahan ini untuk mengurangi penumpukan barang bukti.


"Ini untuk menghindari penumpukan barang bukti yang ada di Kejari dan disalah gunakan. Tentunya ini dari perkara yang sudah inkrah baru kita laksanakan pemusnahan," katanya.
Khairul menjelaskan wilayah di Dumai memiliki tingkat kerawanan pada tindak pidana narkotika merupakan yang sangat menonjol.


Dalam kegiatan pemusnahan itu, ikut di hadiri wakil walikota Dumai ,Eko Suharjo, Kepala Pengadilan atau diwakili , Kapolres diwakili, kepala Rutan diwakili dan jajaran kejari Dumai.


Pemusnahan narkotika di lakukan dengan cara di blender, sedangkan barang bukti lainnya dengan cara dibakar dan di potong dengan mesin pemotong.


Sementara barang bukti kendaraan roda dua maupun roda empat akan diserahterimakan ke negara guna di lelang.


TR/ Dekatra