Selasa, 26 September 2017

Pemilik Sabu 6,8 Gram di Pelalawan Divonis Hakim 14 Tahun Penjara

TOPRIAU, PANGKALAN KERINCI - Ribut Santoso terdakwa pemilik narkoba jenis sabu sabu seberat 6.8 gram divonis oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pelalawan selama 14 tahun penjara denda 1miliar subsider 3 bulan. Putusan ini lebih ringan tahun dari tuntutan JPU.

Persidangn dalam agenda pembacaan vonis kasus narkoba ini berlangsung Selasa (12/9/ 2017) kemarin. Sidang diketuai oleh I Dewa Gede Budi Dharma Asmara SH MH bersama hakim anggota Andry Aswin Gandhi Oetara SH MH dan Nurrahmi SH dengan JPU Abu Abdurrahman SH.

Dalam amar putusan yang dibacakan oleh Ketua Mejelis I Dewa Gede Budi Dharma Asmara SH MH menyampaikan terdakwa terbukti bersalah melakukan perbuatan melawan hukum melanggar undang undang nomor 35/tahun 2009 tentang narkoba pasal 114 ayat 2 tentang Narkoba.

Sesuai undang undang dan aturan yang berlaku terdakwa harus dihukum dengan hukuman yang setimpal,dalam hal ini yang meringankan ,terdakwa bersikap sopan dalam persjdangan mengakui perbuatannya berjanji tidak akan mengulangi lagi,menjadi tulang punggung keluarga.

Sementara yang memberatkan, terdakwa sudah pernah dihukum dengan kasus yang sama, tidak mengindahkan program pemerintah dalam melaksanakan pemberantasan Narkoba,dan melanggar undang undang no 35 tahun 2009 pasal 114 ayat 2 tentang Narkoba.

Setelah melakukan beberapa pertimbangan majelis sepakat menjatuhkan vonis selama 14 tahun penjara denda1 miliar subsider 3 bulan mengganti biaya perkara Rp 5000,-

Sementara Terdakwa Ribut Santoso tampa berbuat apa apa dan melalui kuasa Hukum Posbakum Pelalawan untuk menyatakan pikir pikir ,sedangkan JPU Abu Abdurrahman SH menyatakan pikir pikir.( tim)