Jumat, 21 September 2018

Wanita Kurir Sabu 2Kg Divonis 15 Tahun

TOPRIAU, DUMAI - Masni, terdakwa kurir narkotika jenis sabu seberat 2 kilogram divonis 15 tahun penjara oleh majelis hakim. Vonis dibacakan dalam persidangan di Pengadilan Negeri Dumai pada Selasa (6/3/2018).


Dalam persidangan itu, putusan majelis hakim dibacakan langsung oleh Firman Khadafi Tjindar Bumi selaku Ketua Majelis hakim didampingi dua Hakim anggota Renaldo Tobing dan Aziz Muslim.


Selain 15 tahun penjara terdakwa juga dikenakan denda, "Menjatuhi denda satu miliar rupiah, subsidair empat bulan penjara," sebut ketua majelis hakim Firman Khadafi membacakan putusan.


Terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah.


Sebagaimana dalam dalam tuntutan Jaksa dalam persidangan sebelumnya yang menyebut terdakwa melakukan pelanggaran sebagaimana dalam pasal 114 ayat 2 uu no 35 tahun 2009. Tentang penyalahgunaan natkotika.


Hal memberatkan terdakwa berkelit dalam persidangan, dan hal yang meringankan terdakwa tidak pernah menjalani proses hukum dan memiliki tanggungan keluarga.


Putusan ini sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang dalam persidangan sebelumnya menuntut hukuman pidana penjara 15 tahun untuk terdakwa.


Atas putusan majelis hakim, terdakwa Masni menerima hasil keputusan majelis Hakim Pengadilan Negeri Dumai, meski masih tujuh hari waktu yang diberikan majelis hakim untuk menerima atau mengajukan banding.


Masni merupakan terdakwa kasus penyalahgunaan narkotika Jenis sabu yang diamankan personel satresnarkoba Polres Dumai pada 6 Juni 2017 lalu.


Saat itu terdakwa yang merupakan warga Aceh diminta untuk mengantar narkoba oleh salah seseorang kenalannya di Dumai dengan iming-iming sejumlah uang.


Namun naas, saat membawa narkotika itu dari Dumai ke Palembang, terdakwa diamankan polisi saat menumpangi bus ALS antar propinsi di Jalan raya bagan besar Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai.

mce_marker
Dari bus yang ditumpanginya ditemukan barang bukti bawaan terdakwa berupa satu tas bawaan yang berisi sekitar dua Kg kristal sabu.


(Dekatra)