Polres Dumai Memusnahkan 17 Kg Sabu Dan 1,5 Kg Ganja Dihadapan Pelaku

TOPRIAU, DUMAI - Polres Dumai memusnahkan 17 kilogram lebih narkotika jenis sabu yang berasal dari jaringan Malaysia dan 1,5 Kg ganja serta 266 butir extacy Senin (09/04/18). Proses pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan di Halaman Mapolres Dumai - Riau. Pemusnahan ini dilakukan sudah melalui beberapa prosedur yang tidak boleh dilewatkan satu pun tahapannya.

XXXXPemusnahan ini disaksikan sejumlah pihak. Pemusnahan dihadiri Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo dan pejabat lainnya mulai dari penyidik, penuntut umum, Hakim, jaksa, dan pengacara, wartawan, serta empat tersangka.

Kehadiran tersebut dilakukan untuk memberikan pertanggungjawaban kepada masyarakat dan negara bahwa pemusnahan barang bukti yang dilakukan Polres Dumai sudah sesuai dengan prosedur.
Sebelum barang bakti dimusnahkan, sabu tersebut sudah melalui uji laboratorium terlebih dulu. Hal ini untuk membuktikab keaslian sabu yang akan dihancurkan. Pengujian ini mulai dari uji laboratorium secara menyeluruh sampai uji lapangan.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dilarutkan dengan air didalam ember untuk barang bukti sabu, extacy di blender dan ganja di bakar. Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan bersama Wawako Dumai Eko Suharjo  beserta perwakilan dari sejumlah instansi hukum  terkait, turut ikut dalam pemusnahan barang bukti tersebut.

"Dengan pemusnahan barang bukti Sabu seberat 17 kg, 1,5 Kg ganja dan 266 butir extacy , maka setidaknya Polres Dumai telah menyelamatkan iebih dari 100 ribu anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba," ujar Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan.

Diberitakann sebelumnya, jajaran Polres Dumai melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu yang berasal dari tangan seorang kurir merupakan jaringan sindikat Malaysia melalui jalur laut. Pada kasus tersebut, petugas menyita sabu, begitu juga barang bukti ganja 1,5 Kg dan 266 butir extacy juga merupakan keberhasilan anggota satnarkoba Polres Dumai.(Dekatra)