Berani Buang Sampah Sembarangan? Denda Jutaan Rupiah Menanti

TOPRIAU.COM, PEKANBARU - Terhitung mulai 1 Agustus nanti, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan memberikan sanksi tegas kepada warga yang membuang sampah sembarangan.

TOPRIAU.COM, PEKANBARU - Kebijakan ini diputuskan berdasarkan hasil rapat bersama yang melibatkan sejumlah dinas di Kantor Walikota Pekanbaru, Rabu (4/7) sore kemarin.

"Berdasarkan hasil rapat yang dipimpin oleh Walikota Pekanbaru tersebut kita sepakat untuk memberikan saksi tegas bagi warga yang membuang sampah diluar jadwal yang sudah ditetapkan," ungkap Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Zulfikri, Jumat (6/7).

"Sanksinya adalah berupa denda, minimal Rp 2,5 juta. Jadi nanti kalau ada warga yang tertangkap buang sampah sembarangan, siap-siap saja kita tangkap dan kita denda," ujar Zulfikri.

Dalam menenggakkan sanksi ini, pihaknya akan melibatkan sejumlah instansi. Selain dari tim Satgas Sampah, DLHK juga akan menggandeng Satpol PP, Kepolisian dan TNI dalam penegakan aturan ini. Sehingga masyarakat benar-benar taat aturan dalam membuang sampahnya.

"Semua aparat penegak hukum akan kita libatkan, Satpol PP, Kepolisian dan TNI akan kita libatkan," sebutnya.