Jumat, 21 September 2018

Bea Cukai Dumai Memusnahkan Barang Sitaan Hasil Sinergi Tangkapan Bersama TNI / POLRI

TOPRIAU, DUMAI - Kantor Bea Cukai Dumai menggelar pemusnahan barang bukti hasil sitaan pelanggaran kepabeanan sejak tahun 2016. Penegahan tersebut merupakan sinergi petugas Bea Cukai Dumai bersama TNI dan Polri.


"Adang kepala kantor Bea Cukai Dumai menyebutkan," barang bukti hasil sitaan ini berbagai jenis sudah ditetapkan sebagai Barang Milik Negara serta sudah mendapat persetujuan KPKL atas nama  Menteri Keuangan untuk pemusnahannya, cakapnya disela kegiatan pemusnahan yang dilaksanakan di Markas TNI Rudal. Kamis, (13/09/2018).


Pemusnahan tersebut,dihadiri dan disaksikan sejumlah perwakilan dari sejumlah intansi hukum terkait, selain jajaran petugas Bea Cukai Dumai.


Barang bukti hasil sitaan dimusnahkan dengan cara dibakar dan sebagian dihancurkan dengan digiling menggunakan alat berat Ribuan Bungkus Rokok tanpa pita cukai, minuman beralkohol, handphone, aneka garmen, Ballpres, dan lainnya yang jumlahnya mencapai ribuan dengan 13 macam item.


Akibat pelanggaran kepabeanan ini, negara dirugikan hingga 300 juta rupiah. Pemusnahan dilakukan untuk memberikan efek jera bagi pelaku dan merupakan upaya penegakan hukum untuk melindungi negara dan kalangan industri dari masuk dan beredarnya barang barang ilegal.


*Dekatra