Jumat, 19 Oktober 2018

Bea Cukai Dumai Gagalkan Penyelundupan Minol Ilegal Dari Batam

TOPRIAU, DUMAI - Bea Cukai Dumai berhasil menggagalkan penyeludupan minuman alkohol ilegal masuk dari Batam-Kepulauan Riau. Akibat kegiatan ilegal tersebut, jumlah potensi kerugian negara mencapai miliyaran rupiah Diduga sudah berlangsung selamatriwulan ketiga sejak Juli-Oktober 2018.


Keberhasilan yang dilakukan Bea Cukai Dumai dalam menggagalkan penyeludupan minuman beralkohol dari dua pengungkapan, yaitu di terminal bus dan kapal ferry. Selain itu, juga ada pengungkapan penyeludupan pakaian bekas atau Ball Press ditiga titik penangkapan TKP berbeda.


Menurut Kepala Kantor Bea Cukai Dumai, Fuad Fauzi, Pengungkapan triwulan ketiga 2018 ini merupakan berkat kerjasama instansi terkait Polri dan TNI. serta dibantu masyarakat berhasil mengungkap penyeludupan.


Fuad juga menjelaskan dalam pengungkapan ini ada beberapa titik. yaitu di Terminal Bus yang berhasil mengamankan 184 botol minuman keras yang akan dikirim menggunakan bus dengan tujuan Kota Medan.


Pengungkapan lainnya terjadi di Terminal Penumpang Ferry Dumai dari Batam tujuan Dumai yang mengamankan 11 karton yang berisikan 215 botol miras.


Sementara itu untuk pengungkapan Ball Press terjadi ditiga titik yaitu di Jalan Lintas Sungai Pakning Terminal Ferry Dumai dan di Sungai Rokan Rohil.


Secara keseluruhan ada 399 botol miras dan 571 ball pakaian bekas yang berhasil kita amankan dengan potensi kerugian negara mencapai Rp 1.875.500.000.


Meski demikian kita berterimakasih atas kerjasama instansi terkait yang sinergitas dalam pengungkapan penyelundupan barang ilegal yang masuk ke Kota Dumai.


Dalam pengungkapan kasus ini ada dua tersangka yang berhasil diamankan dan masih proses pemeriksaan lebih lanjut.


*Dekatra-Oka