Kamis, 24 Januari 2019

Caleg Tersandung Pidana, Warga Demo di Pengadilan Tinggi Pekanbaru Minta Kepastian Hukum

TOPRIAU, PEKANBARU -  Puluhan warga dari Kabupaten Siak yang tergabung dalam Gerakan Anak Negeri Riau, Kamis (06/12/2018) mendatangi Kantor Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru, Mereka  menuntut kapastian hukum terhadap salahseorang calon legislatif (Caleg) yang tersandung kasus pidana. Puluhan warga yang terdiri dari pemuda ini, tak menginginkan wakilnya yang duduk di anggota dewan  tersangkut masalah hukum.

Berbagai spanduk dan poster berisi tuntutan terhadap pengadilan untuk memproses segera mungkin terhadap caleg yang bermasalah, sehingga anggota dewan perwakilan rakyat aerah ( DPRD) bersih dari tindakan pidana.

Dalam orasinya para demonstran menyebutkan bahwa caleg dari Kabupaten Siak ini sudah diputus bersalah oleh Pengadilan Negeri (PN) Siak dalam kasus penghasutan, namun yang bersangkutan melakukan upaya banding sehingga sampai saat ini belum ada kepastian hukum terhadap caleg tersebut.

"Kedatangan kami ke Pengadilan Tinggi Pekanbaru ini,  untuk meminta kepastian hukum karena kami tak ingin diwakili oleh anggota dewan yang tersangkut masalah hukum", jelas koordinator aksi, Reno Febrian.

Pihak Pengadilan Tinggi Pekanbaru yang menerima puluhan warga ini menampung aspirasi mereka dan berjanji akan meproses secepatnya. Jika tak ada aral melintang pada bulan Desember 2018 ini perkarannya sudah disidangkan.

Kasus pidana ang bernama Nelson Manalu ini, sudah divonis oleh Pengadilan Siak bulan Oktober 2017 lalu, namun dirinya melakukan upaya banding ke Pengadilan Tinggi Pekanbaru sehingga status hukumya masih menunggu putusan pengadilan. (TR/Abmo)