Kamis, 24 Januari 2019

Ditolak Pelayanan Rumah Sakit, Pasien BPJS Di Dumai Mengadu ke Polisi

Diduga tidak mendapatkan haknya, seorang pasien BPJS di Dumai mengadukan rumah sakit ke polisi, akibat penolakan untuk pelayanan rawat inap dari pihak Rumah Sakit Umum Dumai, sementara pasien tersebut, peserta BPJS. pasien mendatangi rumah sakit karena mengalami sakit kronis pada lambungnya butuh pengobatan dan perawatan.

Kronologisnya keluarga pasien bpjs, sanar samsudin simanjuntak ini, mendatangi unit gawat darurat rumah sakit umum dumai jam empat dini hari dalam kondisi sakit minta pengobatan secara medis karena suaminya mengalami sakit kronis lambung.Senin, 08/01/19/

Pihak rumah sakit pada saat itu, hanya memberikan pertolongan pertama untuk menghilangkan rasa sakit, kemudian pasien ini kembali mengalami kesakitan minta perawatan inap, namun pihak rumah sakit menolak memberikan pelayanan, malah meminta pasien pulang untuk rawat jalan saja.

Sementara pasien ini, merupakan peserta BPJS aktif, namun pihak RSUD tetap tidak bersedia melayani dan bersedia menangani, jika pasien tersebut, dirawat sebagai pasien umum yang harus membayar bukan sebagai pasien yang tanggung bpjs untuk kelas tiga sesuai kartu peserta yang dimiliki.

Akibat tidak memiliki uang dan kebingungan tidak tahu mau mengadu kepada siapa, sementara suaminya terus mengerang kesakitan, akhirnya keluarga pasien mengadu Polres Dumai, kemudian pengaduanya coba dimediasi oleh aparat kepolisian ke Rumah Sakit Umum Dumai.

iptu soekadis yang menerima pengaduan dari pihak keluarga pasien yang ditolak pihak rumah sakit umum dumai untuk perawatan inap mencoba mendatangi rumah untuk membantu serta memediasi pasien bpjs yang butuh perawatan medis tersebut.

Setelah coba dimediasi pihak kepolisian, akhirnya pasien bisa dirawat inap menggunakan kartu perserta BPJS, ibu juwita istri pasien tidak tahan mengungkapkan rasa sedih dan harunya karena melihat suaminya akhirnya dapat dirawat juga meski sempat ditolak pihak sumah sakit umum Dumai.

Juwita keluarga pasien, menceritakan dirinya sempat ditolak pelayanan rumah sakit kemudian mengadu ke bpjs juga ditolak karena pihak rumah menyatakan rawat jalan saja sedangkan suaminya butuh perawatan inap. akhirnya mengadu ke aparat kepolisian mohon minta di bantu, tuturnya.

ipda soekadis kanit kspk Polres Dumai, membenarkan bahwa keluarga mengadu karena ditolak pelayanan oleh pihak rumah sakit, kemudian ke bpjs juga ditolak karena rekam medis yang buat pihak rumah sakit hanya rawat jalan, karena kebingungan kami dari polisi polres dumai membantu dan memediasi. saat ini pasien sudah dapat menjalani rawat inap sebagai peserta bpjs.

Keluarga pasien BPJS didampingi anggota Polres Dumai mendatangi RSUD Dumai karena pihak rumah sakitTerkait penolakan pelayanan yang dialami perserta bpjs tersebut di unit instalasi gawat darurat, hingga berita ini diturunkan pihak rumah sakit umum dumai belum ada memberikan keterangan. apakah ada kekeliruan administrasi atau disengaja karena pelayanan rumah sakit yang memang kurang baik.

*Dekatra