Kamis, 22 Agustus 2019

Pencuri Kotak Infaq Masjid Terekam CCTV, Sempat Viral Dimedsos dan Akhirnya Diringkus Polisi

TOPRIAU, KAMPAR - Unit Reskrim Polsek Kampar berhasil menangkap salahsatu spesialis pencuri Kotak Infaq Masjid yang terekam CCTV dan sempat viral di media sosial, pelaku ditangkap di wilayah Kota Bangkinang pada Selasa dinihari (29/1/2019).

Pelaku yang ditangkap ini berinisial AS warga Kecamatan Bangkinang Kota, pelaku bersama seorang rekannya yang kini telah ditetapkan sebagai DPO melakukan aksinya pada Minggu dinihari (27/1/2019) di Masjid Al Falah Kelurahan Air Tiris.

Terungkapnya peristiwa ini berawal pada hari Minggu pagi (27/1) sekira pukul 06.00 wib, saat itu saksi sdr. Yusmardi baru selesai memberikan ceramah usai shalat subuh di Masjid Al Falah, kemudian datang Julfan Edi selaku Bendahara Masjid memberitahukan bahwa Kotak Infaq Masjid telah dibobol pencuri dan uang yang ada didalamnya sudah tidak ada.

Kemudian mereka mengecek kotak infaq tersebut dan mendapati gemboknya dalam keadaan rusak dan uang yang ada didalamnya telah hilang.

Setelah itu Yusmardi bersama pengurus masjid mengecek CCTV Masjid dan melihat rekamannya, setelah dicek terlihat 2 pria yang tidak dikenal masuk kedalam masjid lalu merusak gembok kotak infaq dan mengambil uang yang ada didalamnya.

Atas kejadian ini pihak Masjid mengalami kerugian sekitar Rp 300 ribu lalu melaporkan peristiwa ini ke Polsek Kampar.

Kapolsek Kampar AKP Hendrizal Ghani SH kemudian perintahkan Unit Reskrim Polsek untuk melakukan penyelidikan terhadap Pelaku Pencurian Kotak Infaq masjid ini.

Kanit Reskrim kemudian mengambil salinan rekaman CCTV tersebut dan melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang terekam dikamera CCTV ini, kemudian didapat informasi bahwa kedua pelaku bukanlah warga Air Tiris dan diduga mereka adalah warga Kecamatan Bangkinang Kota.

Selanjutnya pada Selasa dinihari (29/1/2019) sekira pukul 01.00 wib, Tim Opsnal Polsek Kampar berhasil menangkap salahsatu pelaku di Bangkinang, sementara seorang lainnya berhasil melarikan diri namun identitasnya sudah dikantongi petugas.

Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH melalui Kapolsek Kampar AKP Hendrizal Ghani SH saat dikonfirmasi membenarkan telah menangkap pelaku pencuruan kotak infaq masjid ini, tersangka dan barang bukti telah diamankan di Polsek Kampar untuk menjalani proses hukum lebih lanjut, jelasnya.

Ditambahkan Kapolsek bahwa dari hasil interogasi terhadap pelaku yang ditangkap ini, terungkap bahwa mereka juga melakukan pencurian Kotak Infaq di Masjid Nurul Iman Pasar Kampar dan beberapa Masjid di wilayah Kota Pekanbaru, ungkapnya. (***)