Diduga Bumdes Termasuk Penyebab Hilangnya Nyawa Daud Hadi .

TOPRIAU, PANGKALANKERINCI - Terkait dengan kematian tidak wajar aktivis Daud Hadi, kuat dugaan ada kaitan dengan dana penjualan besi tua yang dihibahkan perusahaan PT Serikat Putra kepada Bumdes  Sialang Godang ,hal ini terungkap di saat persidangan di PN Pelalawan  pada Kamis (31/1/2019) yang mana saksi Suratman mengakui bahwa ada penjualan besi tua oleh Pengurus Bumdes dan dirinya sebagai Kadus hanya mendapat bagian Rp 100.000,- sedangkan pengakuan Syahbudin yang termasuk dalam kepengurusan hanya dapat bagian untuk berkoordinasi.

Suratman yang menjabat sebagai Kadus Sialang Godang saat ditanya Majelis Hakim Rahmad Hidayat Batu Bara SH ST MH dalam persidangan tentang besi tua dari PT Serikat Putra menjelaskan, bahwa barang tersebut didapat dari pengajuan proposal dari Bumdes, namun setelah dijual dirinya tidak tahu kemana  uang tersebut.

"Saya gak tau berapa harganya dan dikemanakan uangnya hanya saja saya dibagi oleh orang itu duit Rp 100.000", terangnya.

Syahbudin yang juga sebagai pengurus sekaligus anggota Bumdes menjelaskan di hadapan Majelis Hakim yang di ketuai Melinda Aritonang SH menjelaskan terkait dengan Bumdes dirinya juga tidak mengetahui kemana uang tersebut dialirkan atau dibagikan hanya saja dirinya sempat diajak berkoordinasi.

"Saya termasuk dalam kepengurusan dan adanya penjualan besi tua yang dari perusahaan itu benar akan tetapi soal pembagian uang itu saya gak kebagian hanya saja saya diajak berkordinasi", terangnya

Sementara JPU Martha lius SH saat dikonfirmasi atas keterangan kedua saksi menjelaskan dari keterangan kedua saksi dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan Bumdes termasuk salah satu penyebab kematian Daud Hadi,dan keterangan saksi tersebut di benarkan oleh terdakwa Syafri dan Temi ( ishar. D)