TNI AL Lanal Dumai Menangkap Kapal Menyelundupkan 1000 Kampit Bawang Merah Dari Malaysia

TOPRIAU, DUMAI - F1QR Lanal Dumai berhasil mengagalkan penyelundupan bawang merah yang dibawa menggunakan kapal KM Kayuara Jaya 1 GT 5 dari Malaysia di sekitar perairan Pulau Bengkalis - Riau, pada tanggal (04/02/2019) yang lalu.


Penangkapan bermula dari kecurigaan patroli Sea Reader TNI Angkatan Laut Lanal Dumai yang sebelumnya menerima informasi ada kapal yang berlayar pada tengah malam tanpa menggunakan lampu navigasi.


Menangkap informasi itu, patroli sea reader TNI AL langsung melakukan pengejaran serta penyisiran dan sempat kehilangan target, namun akhirnya berhasil menangkap kapal yang berisi tiga awak kapal.


Setelah diperiksa ketiga awak kapal masing - masing Kasim (38), Emi (33) dan Nissan (19) dan muatan kapal petugas patroli menemukan 1000 kampit bawang merah tanpa dokumen di sembunyikan di bawah terpal.


Pengakuan awak kapal, ribuan kampit bawang merah ini, mereka bawa dari Malaysia yang rencananya akan diantar ke Bengkalis-Riau sesuai pesanan.


Menurut Pelaksa Lanal Dumai, letkol laut Syaiful, Kapal Membawa 1000 kampit bawang merah ini di tangkap di sekitar perairan Bengkalis-Riau berlayar tanpa menggunakan lampu navigasi pada tengah malam. Bawang ilegal mereka bawa dari Malaysia, ujar Pelaksa.


Guna kepentingan penyelidikan kapal bersama muatan kapal dan ketiga awak kapal di amankan ke pelabuhan Lanal Dumai, dan untuk memastikan tidak membawa dan mengkonsumsi narkoba terhadap ketiga awak kapal juga dilakukan tes urin.


Semua barang bukti ribuan kampit bawang merah ini, langsung di diserahterimakan ke Dinas Karantina Dumai. Sedangkan untuk ketiga awak kapal pihak Lanal Dumai akan melaksanakan Koordinasi kepada pihak terkait untuk proses hukum lebih lanjut.


Dekatra