Sabtu, 11 Juli 2020

Pemprov Riau Minta Daerah Ikuti Protokol Kesehatan Covid-19

TOPRIAU, PEKANBARU - Meski wabah virus Corona (Covid-19) mengancam, namun masih ada sebagian kabupaten di Riau yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di daerahnya.

Terkait persoalan ini, Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, Syahrial Abdi mengatakan Gubernur Riau sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah sudah mengirim surat edara kepada 12 kabupaten/kota untuk menerapkan protokol kesehatan di daerahnya masing-masing.

"Pak Gubernur sudah membuat dan mengirim surat edaran soal itu. Bahkan Gubernur minta tanggapan kabupaten/kota soal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sesuai kreteria dan data yang telah kita terima," kata Syahrial, Rabu (6/5/2020).

Karena itu, Syahrial berharap kepala daerah melalui gugus tugasnya di daerah memastikan untuk pelaksanaan ketentuan-ketentuan protokol kesehatan Covi-19 pada segala stuasi dan sektor.

"Sehingga ketika kreteria PSBB nantinya terpenuhi di masing-masing kabupaten/kota sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan, maka usulan PSBB dapat dilakukan oleh masing-masing bupati/walikota, atau secara serentak melalui gubernur," terangnya.

"Mudah-mudahan kita bisa mendapat data sesuai fakta di lapangan, sehingga kita memiliki keyakinan melaksanakan PSBB yang telah dilakukan kajian beberapa waktu lalu. Dan langkah-langkah itu sekarang sedang kita persiakan dengan memandang kreteria dari segala aspek," sambungnya.

Untuk itu, mantan Penjabat Bupati Kampar ini berharap ada kesepahaman bupati/walikota, bahwa PSBB menjadi prioritas dan penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Riau.

"Pak Gubernur dalam hal ini mempercayakan kepada para bupati/walikota, dan berkeyakinan semua bupati/walikota berpikir positif dan pasti memikirkan kepentingan masyarakat banyak di daerahnya masing-masing," tukasnya. (MCR)