Jumat, 17 November 2017

Penduduk Rohil Belum Perekaman E-KTP Sekitar 50 Ribuan

TOPRIAU, ROHIL - Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Rohil mencatat ada sekitar 13.56 persen masyarakat yang belum melakukan perekaman atau 54 ribu jiwa dari 422.267 jiwa yang wajib melakukan perekaman.

"Dari data tercatat perekaman E-KTP hingga bulan Agustus 2017, mengalami peningkatan 87.54 persen atau 369, 646 jiwa," kata Kadisdukcapil Basaruddin, baru baru ini.

Menurutnya, saat ini perekaman E-KTP terus mengalami peningkatan, yakni warga dari berbagai kecamatan terus berdatangan untuk melakukan perekaman.

"Artinya, warga sudah sadar arti pentingnya identitas diri pribadi, makanya banyak warga yang datang beramai-ramai untuk melakukan pengurusan EKTP," jelasnya.

Basaruddin mengaku, pihaknya dalam waktu dekat akan bekerjasama dengan dinas pendidikan untuk melakukan pendataan langsung bagi siswa yang sudah berusia 17 tahun.

"Jadi, siswa yang sudah diketahui berusia 17 tahun akan langsung dilakukan perekaman. Saya juga yakin dalam waktu dekat perekaman bisa 100 persen," ungkapnya.

Menyangkut kendala, jelasnya, seperti adanya keluarga terdekat tidak melaporkan jika salah seorang warga meninggal dunia, padahal warga tersebut terdata menjadi wajib EKTP.

"Mengenai tersendatnya kedatangan blangko perekaman dan kehabisan tinta juga menjadi kendala," sebutnya.(TR/MCR)