Selasa, 26 September 2017

MPR RI Bersama PGRI Kota Pekanbaru, Taja Sosialisasi Empat Pilar

TOPRIAU, PEKANBARU - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Pekanbaru kembali menggelar Sosialisasi Empat Pilar kepada anggota PGRI Kota Pekanbaru. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Jalan KH Ahmad Dahlan pada. Jumat (8/9) lalu.

 

Sosialisasi Empat Pilar bersama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fraksi PDIP dapil Jawa Timur VII, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Riau, dan juga Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumatera Barat (Sumbar). Bahkan hadir pada kegiatan tersebut, Anggota DPD RI asal Riau, Intsiawati Ayus SH MH, Anggota DPR RI dari fraksi PDIP dapil Jawa Timur VII, Drs Sirmadji MPd, dan Anggota DPD RI dapil Sumbar Novi Candra SE sebagai narasumber yang memberikan Sosialisasi Empat Pilar (UUD 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ikha, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Selain itu, Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus ST MT, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Nurfaisal, Ketua PGRI Kota Pekanbaru Defi Warman dan seluruh anggota PGRI Kota Pekanbaru.

 

Walikota Pekanbaru Firdaus MT menjelaskan, kegiatan Sosialisasi Empat Pilar ini sangat positif. Karena dapat memantapkan para guru di dalam mempersiapkan generasi muda untuk bagaimana cinta kepada negara dan bela negara yang mantap.

 

"Dengan sosialisasi empat pilar ini sangat luar biasa dan positif. Sehingga bagaimana empat pilar tersebut dapat kita teruskan dan tanamkan kepada anak-anak kita generasi muda bangsa ini," katanya

 

Kegiatan Empat pilar bernegara dan berbangsa, Ibaratnya kalau mempunyai bangunanan, tiangnya sebagai pilarnya tidak boleh lapuk. "Untuk itu, sosialisasi ini sebagai langkah merawat pilar-pilar berbangsa dan bernegara sehingga NKRI ini terus menjadi kokoh," ungkap Firdaus.

 

Sementara itu, Ketua PGRI Kota Pekanbaru Defi Warman dan juga Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Kota Pekanbaru mengatakan, kegiatan sosialisasi empat pilar yang diadakan PGRI dengan DPD RI serta DPR RI ini para guru sangat antusias mengikutinya. Dengan harapan dari kegiatan ini ialah, para guru yang menjadi peserta pada kegiatan ini, tentu nantinya dapat merealisasikan kepada peserta didiknya yang ada di sekolah.

 

"Selain merealisasikan atau membagikan ilmunya kepada siswa, para guru juga bisa menerapkannya di rumah masing-masing sebagai corong terdepan menyampaikan empat pilar berbangsa dan bernegara ini," ungkap Defi

 

Intsiawai Ayus salah satu narasumber yang menyampaikan materi empat pilar mengatakan, semangat empat pilar ini harus disebarluaskan kepada seluruh lapisan masyarakat dari yang kecil hingga yang dewasa dan termasuk para guru sekalipun karena empat pilar mengajarkan bagaimana cara berbangsa dan bernegara yang baik.

 

"Pada kegiatan ini, dengan peserta para guru, tentu apa yang kami sampaikan bisa langsung diterapkan kepada anak didik dan juga keluarga di rumah. Semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang luas kepada seluruh peserta agar menjadi warga yang cinta kepada tanah air dan selalu mengabdi kepada bangsa dan negara," tutupnya. (TR/GP)