Galang Bantuan Untuk Rohingya, Riau Care Hadirkan Ustadz DR Syafiq Riza Basalamah MA

TOPRIAU, PEKANBARU - Kondisi muslim Araakan atau Rohingya di Myanmar mengundang simpati seluruh dunia, termasuk di Pekanbaru, Riau. Riau Care, sebuah lembaga yang mewadahi sejumlah pemuda dan kaum muslimin di Pekanbaru juga ikut berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat Rohingya yang saat ini mengalami tragedi di Myanmar.

Mengulang metode yang dilakukan pada penggalangan dana peduli Rohingya tahap pertama, yang dilakukan pada tahun 2015 lalu, Riau Care kembali mengumpulkan dana melalui Tabligh Akbar di beberapa masjid di Riau, disamping juga melalui lelang barang-barang yang disumbangkan kaum muslimin kepada Riau Care.

Setelah mengadakan tabligh akbar di Masjid Nurussalam dan Masjid Ibnu Katsir, pada tabligh akbar ketiga ini, Riau Care mengadakan di Masjid Imam Syafi'i, komplek Sekolah Islam Terpadu Imam Syafi'i di jalan Soekarno-Hatta, Arengka, Kecamatan Marpoyan Damai.

Tidak tanggung-tanggung pada kegiatan kali ini, Riau Care menghadirkan Ustadz DR. Syafiq Riza Basalamah, MA., bekerjasama dengan Masjid Imam Syafi'i Pekanbaru.
Tabligh akbar ini akan dilaksanakan dua kali, yang pertama dilaksanakan hari Sabtu (23/09) dimulai setelah sholat Magrib sampai selesai, dengan tema 'Mengapa Begitu' dan yang kedua dilaksanakan pada hari Ahad (24/09) mulai jam 09.00 WIB sampai selesai, dengan tema 'Untuk mu Rohingya'.

Menurut ketua Riau Care, Ian Tanjung kegiatan pengumpulan bantuan untuk Rohingya periode kedua melalui tabligh akbar ini sebelumnya sudah dilakukan di Masjid Nurussalam, Jl. Taman Sari, dengan menghadirkan Syaikh Abul Hasan Ali Jadullah Al Misry dengan penerjemah Ustadz Abu Thohir Jones Vendra, Lc. MA. Sepekan sesudahnya juga dilakukan di Pondok pesantren Ibnu Katsir Rumbai dengan penceramah Ustadz Abuz Zubair Al Hawaary.

"Riau Care sudah dua kali menggalang bantuan untuk Rohingya, sebelumnya pada tahun 2015 lalu, Riau Care juga langsung mengantarkan bantuan untuk para pengungsi Rohingya yang berada di Propinsi Aceh," terang Ian Tanjung.
Selain untuk Rohingya, Riau Care juga telah menyalurkan bantuan untuk kaum muslimin di Somalia.

"Riau Care hanya sebagai pengumpul dan penyalur bantuan, karena kita yakin banyak kaum muslimin di Riau yang ingin membantu saudara-saudara muslim yang sedang dalam kondisi mendapat musibah dan ujian," lanjut Ian Tanjung.

Bagi kaum muslimim yang ingin menyalurkan bantuan untuk muslim Rohingya ini, dapat menyalurkan melalui rekening Riau Care di Bank Syariah Mandiri dengan nomor 766 777 222 7, atau bagi yang ingin memberikan dalam bentuk barang yang akan dilelang bisa langsung mengantarkan ke Markaz Riau Care di Jalan Tuanku Tambusai, LT 2 Alfamart, depan Masjid Raudhatul Jannah, atau bisa juga menghubungi Jefri (0812 7514 005). (Rls)