Senin, 20 Agustus 2018

Dukung Visi Kota Pekanbaru 2017 - 2022, Forum Data Kota Pekanbaru akan Segera Dibentuk

TOPRIAU, PEKANBARU— Guna mendukung Visi Kota Pekanbaru 2017 - 2022 "Terwujudnya Pekanbaru Sebagai Smart City yang Madani, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Pekanbaru akan membuat forum data Pekanbaru.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Statistik dan Persandian Todi Kurniawan, SE, M.Sc menjelaskan bahwa forum data Pekanbaru bertujuan untuk mengumpulkan seluruh data.

"Seluruh data di Kota Pekanbaru yang berhubungan dengan pembangunan dan untuk kemajuan kepentingan masyarakat akan terpusat pada bank data yang ada di dinas. Forum data tersebut nantinya akan menghasilkan data yang berbentuk digital" jelas Todi.

Terkait proses pengumpulan data, Todi juga mengungkapkan akan dimulai dari OPD - OPD.

"Untuk tahapan awal pengumpulan data tersebut akan dimulai dari OPD - OPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru" ungkapnya.

Todi juga menambahkan tahap selanjutnya akan menggandeng instansi - instansi vertikal.

"Tentunya kita akan menggandeng institusi yang memiliki data yang diperlukan seperti BPS, Bank Indonesia, Kampus - kampus yang ada di kota Pekanbaru " tambah todi

Selanjutnya menurutnya data tersebut akan dikonfigurasi sedemikan rupa sesuai kebutuhan

"Memang tidak semua data dapat diakses secara bebas, tergantung tingkat kepentingan pengguna (user)" kata Todi sambil menutup keterangannya. (kominfo)