Diduga Konsumsi Makanan Pesta Puluhan Warga Desa Sumber Datar Keracunan

TOPRIAU, TELUK KUANTAN - Puluhan warga desa Sumber Datar kecamatan Singingi, Minggu (  4/2/2018) malam, mengalami keracunan massal. Dugaan sementara akibat mengkonsumsi makanan pesta salah seorang warga setempat, Minggu ( 4/2/2018).

Menurut Kapolres Kuansing,  AKBP Fibri Karpiananto, melalui Kasubag humas Polres, AKP Lumban Toruan, Senin, (5/2/2018) siang, jumlah warga yang mengalami keracunan massal 29 orang di desa Sumber Datar. " 29 orang itu sempat  dirawat di Puskesmas terdekat,"ujarnya.

Dijelaskan Lumban, pada hari Minggu sekitar pukul pukul 17.00 Wib keluarga Iman yang akan menggelar syukuran kelahiran anaknya membagi-bagikan nasi bungkus ke setiap rumah tetangganya di desa tempat tinggalnya tersebut.

" Namun setelah warga mengkomsumsi nasi bungkusan tersebut tidak lama berselang, warga merasakan sakit perut, muntah-muntah dan mencret-mencret hingga hari Senin,"ujarnya.

Mendapati kasus ini katanya,  petugas Pukesmas Singingi membawa sample sisa dan yang masih terbungkus makanan tersebut ke laboratorium RSUD Teluk Kuantan untuk diperiksa.

" Sedangkan korban keracunan makanan di desa Sumber Datar dirujuk berobat ke Pukesmas kurang lebih 29 orang. Hingga Senin pagi sebagian warga yang berobat di Pukesmas Singingi  sudah kembali ke rumah masing-masing,"ujarnya.

Sedangkan jenis makanan yang disita untuk dicek semple oleh petugas Puslemas ke laboratorium RSUD Teluk Kuantan seperti semur telur dan tahu, gulai ayam dan mie goreng serta nasi putih 1 bungkus. (TR/MCR)